Advertisement

Selama Libur Lebaran, Berapa Konsumsi BBM dan LPG di DIY?

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 28 April 2023 - 11:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Selama Libur Lebaran, Berapa Konsumsi BBM dan LPG di DIY? Ilustrasi pasokan BBM - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selama libur Lebaran, wilayah DIY dan Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi tujuan utama masyarakat. Hal ini terlihat dari lonjakan konsumsi BBM dan LPG di masa cuti lebaran 19-25 April lalu.

PT. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah mencatat peningkatan konsumsi LPG di wilayah DIY yang melonjak cukup tinggi berada di Kabupaten Gunungkidul. Pertamina mencatat kenaikannya sebanyak 3,9% dari rata rata harian normal 57 MT/hari.

Advertisement

Adapun peningkatan konsumsi di wilayah Jawa Tengah yang meningkat berada Kabupaten Wonosobo, naik 11% dari normal 75 MetricTon (MT) per hari, kemudian Kota Salatiga naik 6,8% dari normal 35 MT/hari lalu diikuti dengan Kabupaten Grobogan naik 6,3% dari normal 115 MT/hari.

"Konsumsi tertinggi untuk LPG adalah H-1 lebaran atau tanggal 21 April 2023 untuk provinsi Jawa Tengah dan DIY kenaikannya 10,2% di hari itu yaitu dari 4.547 MT/hari naik menjadi 5.011 MT/hari," jelas Brasto Galih Nugroho, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Jumat (28/4/2023).

Dia mengatakan, hal menarik lainnya adalah kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline di jalur wisata seperti di wilayah DIY terdapat Kabupaten Gunungkidul yang konsumsinya meningkat hingga 55,6% dari 203 KiloLiter (KL) per hari naik menjadi 316 KL/ hari dan untuk di wilayah Jawa Tengah ada Kabupaten Banyumas konsumsi Gasoline meningkat 74,4% dari 524 KL/hari naik menjadi 913 KL/hari di tanggal 25 April 2023 atau hari terakhir cuti bersama.

“Terkait arus balik, kami melihat kenaikan konsumsi BBM belum begitu signifikan di hari tanggal terakhir cuti bersama sehingga kami memprediksi mobilisasi arus balik lebaran ini akan terus berjalan hingga libur tanggal 1 Mei nanti," jelas Brasto.

Dia menjelaskan, Satgas RAFI (Ramadhan dan Idul Fitri) 2023 Pertamina tetap aktif hingga tanggal 2 Mei 2023 untuk menjaga suplai BBM untuk mendukung mobilitas masyarakat hingga berakhirnya arus balik nanti. "Kebutuhan BBM LPG kami prediksi tetap tinggi hingga tanggal 1 Mei nanti, karena masa liburan sekolah belum berakhir sehingga kami juga memberi perhatian pada pasokan BBM dan LPG di sekitar tempat wisata", ujar Brasto.

Pertamina, lanjut Brasto, mengimbau masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki penuh di SPBU sebelum berangkat dan agar mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan. Masyarakat juga dapat menggunakan aplikasi MyPertamina atau menghubungi layanan kontak Pertamina Call Center 135.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mensesneg Diminta Segera Merampungkan Dokumen Keppres IKN Sebelum Pelantikan Prabowo-Gibran

News
| Senin, 22 Juli 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement