Advertisement

Pasar Beringharjo Jogja Hasilkan 2 Ton Sampah per Hari saat Libur Lebaran

Triyo Handoko
Sabtu, 29 April 2023 - 19:47 WIB
Maya Herawati
Pasar Beringharjo Jogja Hasilkan 2 Ton Sampah per Hari saat Libur Lebaran Suasana ramai di Pasar Beringharjo, Selasa (25/4/2023). Anisatul Umah - Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sepanjang libur Lebaran 2023, Pasar Beringharjo Jogja dikunjungi 15.000 orang. Peningkatan jumlah pengunjung tersebut menghasilkan kenaikan sampah sebanyak dua ton per hari. 

Data Dinas Perdagangan (Disdag) Jogja menyebut sampah tertinggi selama libur Lebaran di Pasar Beringharjo mencapai 15 ton dalam sehari. “Kenaikannya memang ada, tapi dapat kami kendalikan dengan menerjunkan 52 personil kebersihan,” kata Kepala Disdag Jogja Veronica Ambar Ismuwardani, Sabtu (29/4/2023).

Advertisement

Vero menyebut meskipun TPST Piyungan sempat tutup karena Lebaran, sampah Pasar Beringharjo tetap dikendalikan dengan baik. “TPA Piyungan sempat tutup dua hari tetapi kami tetap lakukan pembersihan sampah. Kami kumpulkan dan setelah TPA Piyungan buka kita oper kesana,” ujarnya.

Kebanyakan sampah di Pasar Beringharjo, jelas Vero, selama libur Lebaran ini adalah sampah anorganik. “Sehingga tidak begitu menimbulkan bau dan masalah lainnya, kami juga pilah dulu,” katanya. 

BACA JUGA: Waspada! Semua Sumur di Kota Jogja Tercemar, Airnya Tak Layak Dikonsumsi

Pengunjung Pasar Beringharjo, menurut Vero, tak terganggu oleh sampah yang ditimbulkan selama libur Lebaran. “Petugas kesehatan ini bekerja dari pagi jam 04.00 WIB sampai 07.00 WIB jadi dipastikan tiap harinya bersih, tempat sampah juga sudah banyak disediakan sehingga sampah ini diwadahi dengan baik juga,” jelasnya. 

Vero berpesan kepada seluruh pengunjung Pasar Beringharjo Jogja agar turut memperhatikan kebersihan dan tertib membuang sampah juga. “Karena sudah kami fasilitasi kebersihannya dengan baik, maka pengunjung juga harus turut menjaganya. Kalau pedagang memang sudah maksimal juga mengelola sampahnya kami pantau,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemendagri Sebut Dana Desa Bisa Digunakan untuk Pemberantasan Narkoba

News
| Selasa, 23 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement