Advertisement

Salut! Pemkab Kulonprogo Enam Terbaik Pemkab Se-Indonesia

Media Digital
Senin, 01 Mei 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Salut! Pemkab Kulonprogo Enam Terbaik Pemkab Se-Indonesia Mendagri Tito Karnavian menyerahkan piagam penghargaan kepada Penjabat Bupati Kulonprogo, Tri Saktiana. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) berdasarkan Keputusan Presiden No 11/1996, setiap 25 April ditetapkan sebagai Hari Otonomi Daerah, dalam rangka memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otda.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian dalam acara puncak peringatan Hari Otda XXVII/2023 mengusung tema Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul di anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/4/2023).

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri menyerahkan apresiasi atau penghargaan penyelenggaraan pemerintah daerah terbaik nasional, dengan kriteria pemerintah daerah (pemda) yang telah bersungguh-sungguh dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Muhammad Tito Karnavian menegaskan berdasarkan evaluasi terhadap pemda di seluruh Indonesia, menghasilkan tiga provinsi, 10 kabupaten dan 10 kota terbaik nasional.

Pemkab Kulonprogo menduduki peringkat enam dengan nilai 3,591 dengan predikat tinggi, dalam sepuluh besar bersama Banyuwangi, Sumedang, Badung, Karanganyar, Sidoarjo, Wonogiri, Hulu Sungai Selatan, Konawe dan Bojonegoro. Pemkab Kulon Progo merupakan satu-satunya kabupaten yang memperoleh penghargaan yang dijabat oleh Penjabat Bupati (caretaker).

Secara terpisah, Penjabat Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana mengatakan, "Terus terang saya kurang percaya diri, karena peraih kinerja nilai tinggi yg lain adalah Kepala Daerah definitif, sedang saya hanya caretaker Penjabat Bupati. Jadi nilai tinggi ini semata hasil kerja kolaboratif seluruh OPD dan masyarakat Kulonprogo."

Tri Saktiyana menyatakan rasa syukur dan bangga atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Kulonprogo. "Saya berterimakasih kepada Kemendagri atas evaluasi yang diberikan, tentunya ini untuk menyemangati seluruh jajaran pemkab untuk selalu bekerja dengan jujur, mengayomi dan adil, serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement