Advertisement

Pedagang Pasar Sentul Jogja Pindah ke Selter, Retribusi Dipatok Setengah Harga

Triyo Handoko
Rabu, 03 Mei 2023 - 18:17 WIB
Maya Herawati
Pedagang Pasar Sentul Jogja Pindah ke Selter, Retribusi Dipatok Setengah Harga Suasana selter pedagang Pasar Sentul Jogja yang sudah digunakan, Rabu (3/5 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pedagang Pasar Sentul Jogja sudah pindah semua ke selter yang berada di Jalan Babaran No.15. Kepindahan para pedagang tersebut karena Pasar Sentul tengah direnovasi.

Retribusi yang dibebankan ke para pedagang di selter tersebut separuh harga. Penentuan retribusi setengah harga tersebut berdasarkan Perda No.6/2018 tentang Retribusi Layanan Pasar. Kepala Bidang Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja Gunawan Nugroho Utomo menjelaskan potongan separuh harga lantaran fasilitas di selter berbeda dengan Pasar Sentul Jogja.

Advertisement

“Di Perda bunyinya pada tempat penampungan ini retribusi dapat dipotong separuh harga retribusi normal. Pemberlakuan harga retribusi ini sejak para pedagang berpindah ke selter,” jelas Gunawan, Rabu (3/5/2023).

Meskipun selter tersebut bersifat sementara, jelas Gunawan, fasilitasnya cukup lengkap dan memadai. “Semuanya lebih dari cukup untuk aktivitas sebuah pasar sementara, dari parkir, Gudang, kamar mandi, hingga listrik dan lainnya tersedia dengan baik,” katanya.

Gunawan menyebut saat ini belum ada keluhan dari pedagang terhadap fasilitas selter tersebut. “Kalau nanti ada pasti kami terima keluahannya dan akan kami upayakan yang terbaik,” ujarnya.

Sedangkan Pasar Sentul Jogja, renovasi dalam tahapan pembersihan lahan dengan membongkar bangunan yang akan direnovasi. “Sudah tidak ada pedagang disana, semuanya tertib pindah. Renovasi ditargetkan rampung Desember nanti, jika sudah selesai pedagang akan kembali ke Pasar Sentul,” terangnya.

Lurah Pasar Sentul Jogja, Yuriyanti membenarkan semua pedaganya sudah pindah ke selter. “Sudah pindah semua, tapi ada yang belum jualan karena masih menyiapkan kiosnya,” katanya, Rabu siang.

Yuriyanti menyebut tak ada kendala apapun dalam pemindahan pedagang Pasar Sentul Jogja ke selter. “Semuanya terkendali dengan baik, belum ada juga keluhan terhadap selter ini karena memang dibangun dengan baik meskipun sementara. Kemarin hujan lebat juga tidak banyak genangan yang mengganggu, semuanya bagus,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Driver Pelaku Pemerasan Grab Car Ditangkap, Begini Kronologi Aksinya...

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement