Advertisement

Jadi Google Doodle Hari Ini, Ini Sosok Profesor Sulianti Saroso

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 10 Mei 2023 - 13:47 WIB
Sunartono
Jadi Google Doodle Hari Ini, Ini Sosok Profesor Sulianti Saroso Jadi Google Doodle Hari Ini, Sosok Profesor Sulianti Saroso. - Google.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bernama lengkap Julie Sulianti Saroso ialah seorang perempuan kelahiran Karangasem, Bali pada 10 Mei 1917. Perannya di bidang kedokteran begitu penting terutama dalam pencegahan dan pengendalian penyakit menular serta program keluarga berencana.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan Google Doodle merayakan hari kelahirannya bahkan namanya turut diabadikan sebagai Rumah Sakit Pusat Infeksi Republik Indonesia di Jakarta Utara. Dokter yang memilih menghabiskan waktunya sebagai peneliti ini, mendapatkan gelarnya di Geneeskundige Hogeschool (GHS) pada tahun 1942, sebutan lain Sekolah Kedokteran STOVIA di Batavia.

Advertisement

BACA JUGA : Google Doodle Rayakan Hari Angklung, Ini Sejarah Alat

Usai lulus Sulianti sempat bekerja di RS Umum Pusat Jakarta kini dikenal sebagai RS Cipto Mangunkusumo. Bahkan sempat bekerja sebagai dokter republiken di RS Bethesda Yogyakarta, ketika ibu kota negara pindah ke daerah kekuasaan Sultan Hamengkubuwono IX.

Akrab pula disapa Julie, ia mendapat beasiswa dari World Health Organization untuk melanjutkan pendidikannya  yang fokus tata kelola kesehatan ibu dan anak di beberapa negara sekaligus yakni Inggris, Skandinavia, Amerika Serikat, dan Malaya selama 2 tahun (dari tahun 1950 sampai 1951). Hasilnya ia meraih Certificate of Public Health Administration dari Universitas London.

Fokus mempelajari sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa dan AS usai kembali ke Indonesia, Julie mengenalkan pendidikan keluarga berencana atau KB ke Tanah Air.

Kariernya pun berlanjut di Kementerian Kesehatan yang memimpin program KB sekaligus melakukan penyuluhan kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa. Barulah pada tahun 1962 ia memperoleh gelar MPH (Master of Public Health) serta TM (Tropical Medicine). Tahun 1965 Julie memperoleh gelar Doctor of Public Health (Epidemiologi) di Tulane Medical School, New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat.

BACA JUGA : Peringati Hari Valentine, Google Doodle Tampilkan Animasi

Selang dua tahun tepatnya pada 1967 Sulianti mendapat gelar Profesornya setelah dikukuhkan di Universitas Airlangga Surabaya, maka lengkap sudah namanya menjadi Profesor Dokter Julie Sulianti Saroso, MPH, PhD.

Selain menjabat berbagai posisi di Kemenkes seperti Direktur Jenderal Pencegahan, Pemberantasan, dan Pembasmian Penyakit Menular (P4M) pada 1967, yang juga merangkap sebagai Direktur Lembaga Riset Kesehatan Nasional (LRKN).

Salah satu prestasinya yang mentereng ialah termasuk kedalam dua orang wanita yang pernah menjabat Presiden Majelis Kesehatan Dunia (World Health Assembly) selain Rajkumari Amrit Kaur dari India. Serta kerap kali mewakili RI dalam sidang-sidang Internasional di Bidang Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement