Advertisement

Ribuan Peserta Serbu Job Fair SV UGM

Media Digital
Rabu, 10 Mei 2023 - 22:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Ribuan Peserta Serbu Job Fair SV UGM Suasana pembukaan Job Fair SV UGM pada Rabu (10/5/2023) di Gedung TILC UGM. - Harian Jogja / Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada (UGM) resmi membuka SV UGM Career Days pekan ini. Menghadirkan lebih dari 20 perusahaan, Job Fair Sekolah Vokasi UGM 2023 ini diserbu ribuan pendaftar. Bursa kerja ini menjadi yang ke-10 kalinya diadakan SV UGM.

Manajer Unit Kerja Sama, Pelatihan, dan Pengembangan Karir SV UGM Muhammad Sidiq Wicaksono menerangkan agenda tahunan digelar SV UGM melalui lembaga pengembangan karir dan hubungan alumni Vocational Development Center.

Advertisement

BACA JUGA: Lowongan Kerja PT KAI Mei 2023, Cek Syarat dan Cara Daftarnya!

"Biasanya Career Days ini kami laksanakan di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM. Ketika sudah ada Gedung Teaching Industry Learning Center (TILC), ingin mengenalkan kembali TILC," terangnya pada Rabu (10/5/2023).

Ada 22 perusahaan multi sektoral yang dihadirkan dalam bursa kerja kali ini. Para perusahan akan membuka stan informasi kerja selama dua hari yakni 10-11 Mei. Beberapa perusahaan yang ambil bagian dalam job fair kali ini di antaranya yakni PT. Putra Perkasa Abadi, PT. Ansaf Inti Resources, Perusahaan Gas Negara, PT. Indonesia Epson Industry, PT. Maybank Indonesia,PT Huayou Nickel Cobalt, PT Hartono Istana Teknologi (Polytron) dan masih banyak lagi. Beberapa perusahaan bahkan juga menggelar rekrutmen di TILC UGM pada 11-12 Mei.

Hingga Rabu (10/5/2023) pagi, pendaftaran daring job fair telah diisi 1700 peserta. Hal itu kemungkinan akan terus bertambah dengan para peserta yang datang secara on the spot ke lokasi Job Fair SV UGM.

Kegiatan Job Fair SV UGM akan ditutup dengan temu mitra di hari Jumat (12/5/2023) yang akan dilaksanakan di Ballroom  TILC UGM. Pada momen tersebut akan dipaparkan kemungkinan-kemungkinan kerja sama yang dapat dijalin antara industri dengan SV UGM. Bentuknya beragam, bisa mencakup soal rekrutmen, kegiatan magang atau kerja sama lainnya yang dapat menguntungkan dua belah pihak.

Dekan Sekolah Vokasi UGM, Agus Maryono mitra yang digandeng dalam Job Fair SV UGM terus meningkat tiap tahunnya. Peningkatan bahkan mencapai 100 persen tahun ini. Agus menerangkan bila tahun lalu hanya 10 perusahaan yang ikut serta dalam Job Fair SV UGM, tahun ini jumlahnya berlipat ganda menjadi 22 perusahaan.

Meskipun 1700 peserta dipastikan telah mendaftarkan secara daring, Agus menerangkan pihaknya telah memerintahkan seluruh departemen di bawah SV UGM untuk mengirimkan mahasiswanya dalam bursa kerja kali ini. Tujuannya untuk mengenalkan industri di lapangan sejak dini kepada para mahasiswa.

BACA JUGA: Cari Lowongan Kerja? Rekrutmen BUMN Dibuka Minggu Depan, Catat Ketentuannya

"Sehingga meskipun baru semester satu sudah kena paparan dini tentang industri. Biar mereka diskusi dengan para mitra kami dan mitra kami akan senang selalu karena banyak mahasiswa," ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama, Ignatius Susatyo Wijoyo yang hadir membuka Job Fair SV UGM menuturkan kegiatan ini dapat menjadi jembatan antara dunia akademis dengan dunia industri. Susatyo menambahkan bila lulusan SV UGM memiliki mentalitas yang bagus di dunia kerja. 

Dengan adanya kegiatan ini, industri dapat melihat kapasitas SDM juga hasil riset yang ada di pihak akademis. Sementara kampus dapat mengetahui kebutuhan industri terkini, juga memaparkan ragam temuannya yang mungkin diperlukan industri namun belum sampai kepada industri. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendaku Gantikan Twitter, Elaelo Kini Justru Kena Suspend

News
| Senin, 17 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement