Advertisement

Dibangun di Padukuhan Ini, Exit Tol Jogja-YIA Punya Akses Khusus ke Bandara

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 25 Mei 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Dibangun di Padukuhan Ini, Exit Tol Jogja-YIA Punya Akses Khusus ke Bandara Ilustrasi proyek jalan tol. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kalurahan Kebonrejo, Kapanewon Temon menjadi salah satu wilayah yang akan dilewati proyek jalan tol Jogja-YIA.

Jalan tol tersebut akan melewati empat padukuhan yaitu Dumpoh, Kibon, Seling, dan Weton di kalurahan tersebut. Dari keempat padukuhan, Padukuhan Weton akan menjadi titik dibangunnya exit toll.

Advertisement

Kepala Seksi Pengendalian Pertanahan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY, Ajie Mardana mengatakan exit toll yang akan dibuat dua jalur tersebut, salah satunya akan langsung terhubung ke Yogyakarta International Airport (YIA).

"Exit toll yang akan dibangun di sini [Padukuhan Weton] akan dibangun dan keluar langsung ke Jalan Nasional [Wates-Purworejo]. Tetapi tidak ke bandara [YIA] langsung, meski memanng ada jalur khusus ke sana [YIA]," kata Ajie ditemui di sela-sela konsultasi publik jalan tol Jogja-YIA di Kalurahan Kebonrejo, Kamis (25/5/2023).

BACA JUGA: Simpang Susun Purwomartani Tol Jogja Solo Bisa Terkoneksi Langsung ke Gunungkidul, Ini Desainnya..

Ajie menambahkan bahwa sebelum menuju ke exit toll yang berada di utara atau depan YIA, jalan tol akan melintasi kantor Kalurahan Kebonrejo dan SDN Kebonrejo serta TK PKK Mardi Siwi, Kebonrejo. "Sekolah di samping ini [SDN Kebonrejo dan TK PKK Mardi Siwi, Kebonrejo] juga kena. Dengan begitu ya bangunannya dipindah," katanya.

Manager Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jesiman Putra membenarkan bahwa exit tol akan dibangun di utara bandara.

"Exit toll-nya akan dibangun dekat Jalan Nasional depan bandara [YIA]. Rencanya ada dua jalur, jalur umum dan [khusus menuju YIA]," kata Rachmat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement