Advertisement

Hadapi Tantangan Ekspor, Pemkab Bantul Lakukan Pemetaan

Hadid Husaini
Senin, 29 Mei 2023 - 19:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hadapi Tantangan Ekspor, Pemkab Bantul Lakukan Pemetaan Gerbang Kasongan. - Istimewa/Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Bantul (DKUKMPP) melakukan pemetaan terhadap produk-pruduk di Bantul. Hal tersebut dilakukan untuk menganalisis sejumlah kendala yang masih dihadapi dan mengetahui jumlah kemampuan produsen dalam peningkatan volume produksi.

“Kita juga memetakan potensi ekpor tahun ini dan melakukan pendataan seperti kemampuan produksi, permasalahan dan peluang yang dihadapi. Setelah data terkumpul akan terpetakan kurangnya ini kita isa masuk intervensi disitu,” ujar Kepala DKUKMPP Lestari Ningsih pada Senin (29/5/2023).

Advertisement

Pihaknya akan melakukan pelatihan kepada pelaku ekspor melalui kerjasama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag). “kita Kerjasama dengan narasumber sudah kompeten, kita lakukan tiga kali secara bertahap,” katanya.

Baca juga: Bukan Batik, Ternyata Furnitur Jadi Produk Ekspor Bantul yang Paling Diminati

Dirinya menyebut terjadi beberapa kendala yang dihadapi oleh para pelaku ekspor di Bantul yang tergolong pemula. Menurut Tutik kebanyakan masih belum tahu bagaimana caranya melakukan ekspor. Hal tersebut membuat mereka masih bergantung kepada pihak lain.

Selain itu, pada tahun ini terdapat tantangan yang terjadi seperti krisis ekonomi global yang berdampak pada beralihnya orientasi pembelian produk ekspor dari luar. “2023 kita tahu adanya krisis ekonomi global membuat ekspor yang sebelumnya banyak di furnitur dan home dekor akan beralih kepada kebutuhan primer seperti makanan,” Sebutnya.

Pihaknya mengaku akan mendorong sejumlah produsen jamu herbal yang sudah ada di Bantul seperti di wilayah Sedayu dan Kiringan. 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement