Advertisement

Dosen UMY Beri Pelatihan Komunikasi Efektif ke Guru dan Pengurus Muhammadiyah Manggarai Barat

Media Digital
Kamis, 01 Juni 2023 - 15:37 WIB
Maya Herawati
Dosen UMY Beri Pelatihan Komunikasi Efektif ke Guru dan Pengurus Muhammadiyah Manggarai Barat Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat berbasis Persyarikatan Muhammadiyah dengan judul Pemberdayaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat melalui Komunikasi Organisasi yang Efektif, Kamis (1/6 - 2023).

Advertisement

BANTUL—Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat berbasis Persyarikatan Muhammadiyah dengan judul Pemberdayaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat melalui Komunikasi Organisasi yang Efektif, Kamis (1/6/2023).

Pelatihan ini diikuti 25 peserta yang terdiri dari guru SMP-SMA Muhammadiyah dan Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat.

Advertisement

Mereka mendapat pelatihan komunikasi organisasi yang efektif untuk memperkuat organisasi Muhammadiyah yang ada di Manggarai Barat. Komunikasi penting untuk menciptakan sinergisitas, kolaborasi dan mengurangi kesalahpahaman dalam organisasi untuk untuk mendukung mewujudkan tujuan organisasi menjadi PDM Manggarai Barat yang berkemajuan.

Pengabdian Masyarakat oleh Dosen UMY

Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan ini merupakan wujud nyata dari salah satu tri dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tim Pengabdian kepada Masyarakat UMY diketuai Adhianty Nurjanah, dosen Ilmu Komunikasi UMY, dan beranggotakan Dyah Mutiarin dosen Ilmu Pemerintahan.

Berdasarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh Adhianty Nurjanah, manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi, dan membutuhkan untuk menyatakan pendapatnya sehingga hal ini menegaskan bahwa setiap orang membutuhkan komunikasi, tak terkecuali pada proses berinteraksi di organisasi khususnya di PDM Manggarai Barat.

Pelatihan yang dikemas dengan metode sharing session diikuti guru SMP-SMA Muhammadiyah dan Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat. Pimpinan PDM Manggarai Barat menyambut baik dan berterima kasih atas kerja sama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam melaksanakan pengabdian.

“Kami berharap pengabdian masyarakat dari UMY memberikan manfaat untuk kami sehingga PDM Manggarai Barat bisa berkemajuan dan Persyarikatan Muhammadiyah di Manggarai Barat ini mampu memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat,” ujar Tajuddin, S.Ag. (BC)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement