Advertisement

Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul, JJLS Banten ke Banyuwangi Rampung Tahun Ini

Ujang Hasanudin
Jum'at, 02 Juni 2023 - 11:22 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul, JJLS Banten ke Banyuwangi Rampung Tahun Ini Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jembatan Kretek 2 JJLS, Kapanewon Kretek, Babupaten Bantul, Jumat (2/6/2023). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianogja.com, BANTUL—Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jembatan Kretek 2 penghubung Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Parangtritis, Kretek, Bantul, Jumat (2/6/2023). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di tengah jembatan yang melintasi Sungai Opak tersebut.

Jokowi tiba di Jembatan Kretek 2 sekitar pukul 08.30 WIB. Ia didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Bupati Bantul Abdul Halim.

Advertisement

 “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini Jembatan Kretek 2 Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta saya resmikan,” ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan jembatan sepanjang sekitar 556 yang dibangun dengan biaya Rp364 miliar tersebut sebagai penghubung  JJLS untuk memperlancar mobilitas logistik dan meningkatkan daya saing produk.

Proyek JJLS tinggal menyisakan pembangunan jalan di DIY dan Jawa Timur, karena di Banten sudah selesai 100%, di Jawa Barat juga sudah 100%. “Di Daerah Istimewa Yogyakarta kurang sedikit, kurang 14 kilometer dan Jawa Timur kurang 24 kilometer, akan kami selesaikan tahun ini,” ujarnya.

Ia berharap JJLS atau Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) yang membentang dari Provinsi Banten sampai Banyuwangi, Jawa Timur, bisa selesai secepatnya. Dengan demikian di Jawa terdapat tiga jalur utama, yakni lintas selatan, tengah, dan utara.

Selain mempercepat infrastruktur jembatan, pemerintah juga mengebut pembangunan infrastruktur lainnya seperti jalan tol, pelabuhan, bandara untuk mengatasi berbagai persoalan berkaitan dengan mobilitas logistik dan daya saing percepatan ekonomi di daerah. 

Jokowi berharap pembangunan JJLS dan jembatan tersebut semakin mempercepat dan memperlancar mobilitas logistik, mobilitas barang. “Diharapkan meningkatkan daya saing produk khususnya agar Jawa bagian selatan semakin kompetitif,” tandasnya.

Sebelumnya Jembatan Kretek 2 sudah diuji coba fungsional pada 31 Januari lalu. Uji coba fungsional bertujuan mengetahui standar operasional jembatan, terutama standar keselamatan bagi pengguna jalan

Jembatan Kretek 2 memiliki panjang 554 meter. Sementara lebar jalan 24 meter terdiri dari dua jalur dan masing-masing jalur dua lajur, trotoar untuk pejalan kaki masing-masing 1,2 meter. Di atas trotoar juga dilengkapi dengan batu andesit. Jembatan tersebut dibangun oleh PT.Wika Hutama Jo selaku kontraktor. Jangka waktu pembangunan jembatan sekitar dua tahun.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, saat itu meyakini beroperasinya Jembatan Kretek 2 dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di pesisir selatan Bantul sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

Halim mengatakan pembukaan Jembatan Kretek 2 sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Selatan Bantul dipastikan akan melintasi jembatan tersebut. Dengan banyaknya wisatawan dan pengguna kendaraan yang melintasi Jembatan Kretek 2 akan mendorong pertumbuhan ekonomi karena akan tumbuh objek-objek wisata baru, taman kuliner, hingga wahana permainan.

“Jembatan Kretek 2 sebagai pengungkit kesejahteraan masyarakat. Saya yakin produk domestik regional bruto [PDRB]  meningkat, pengangguran dan kemiskinan berkurang,” kata Halim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement