Advertisement

Revitalisasi Borobudur Akan Libatkan Unesco

Newswire
Senin, 05 Juni 2023 - 06:47 WIB
Sunartono
Revitalisasi Borobudur Akan Libatkan Unesco Wamen BUMN Sebut Revitalisasi Borobudur Akan Gandeng Unesco - JIBI/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Proses revitalisasi kompleks Taman Wisata Candi Borobudur bakal melibatkan para ahli konservasi yang berasal dari Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unesco).

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan rencana revitalisasi kompleks Taman Wisata Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah memerlukan konservasi yang baik. Apalagi Candi Borobudur merupakan situs warisan (heritage) 

Advertisement

"Kita nanti akan membangun single authority di Borobudur ini sehingga nanti antara pengelolaan pariwisata, komersialnya maupun pengelolaan konservasinya kita jadikan komprehensif," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (4/6/2023).

Pemerintah akan menajamkan konsep pengelolaan pariwisata yang terintegrasi dengan aspek konservasi, termasuk terkait aspek nilai-nilai spiritualnya.

"Nanti  kita akan umumkan berapa kapasitas yang boleh naik sampai ke atas dan sebagainya. Kita sedang diskusi dan konsultasi dengan konservasi di bawah Kemendikbudristek dan juga dengan ahli konservasi termasuk UNESCO untuk nantinya kita akan mulai programming supaya ini benar-benar jadi pariwisata yang komprehensif tapi juga tetap menjaga keutuhan heritage-nya sendiri," katanya.

Tiko mengatakan pihaknya sudah punya gambaran soal rencana revitalisasi kompleks candi umat Buddha itu. Revitalisasi yang direncanakan meliputi penataan kawasan, relokasi UMKM ke sentra UMKM, juga alur perjalanan bagi wisatawan.

Selain itu, Kementerian BUMN juga berencana untuk merevitalisasi kawasan tersebut menjadi destinasi spiritual misalnya untuk meditasi.

"Nantinya kita harapkan masyarakat bukan hanya datang untuk naik tapi juga untuk menikmati seluruh kawasan. Juga ada rencana bangun museum di masa yang akan datang," imbuh Tiko.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu menargetkan konsep revitalisasi kawasan Candi Borobudur bisa rampung September atau Oktober mendatang. Dia juga belum bisa memastikan kebutuhan dan sumber anggaran untuk merealisasikan rencana revitalisasi.

"Ada dari APBN, (Kementerian) PUPR, tapi mungkin nanti untuk yang lain-lain bisa juga dikerjasamakan dengan swasta. Kita sedang konsepkan dulu," katanya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney Maya Watono mengatakan dalam penentuan posisi Candi Borobudur ke depan, ada lima pilar yang akan jadi perhatian utama.

"Jadi heritage, spiritual, education, conservation dan tentu saja economic impact. Itu kita kedepankan lima pilar tersebut. Ke depannya penataan akan berbasis pada lima pilar tersebut," kata Maya.

Pemerintah ingin menjadikan Candi Borobudur sebagai salah satu pusat spiritual Buddha dunia sehingga situs tersebut akan jadi destinasi ritual tahunan umat Buddha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement