Advertisement

Bandara YIA Mulai Melayani Penerbangan Umroh Agustus 2023, Ini Maskapainya

Andreas Yuda Pramono
Senin, 05 Juni 2023 - 16:17 WIB
Maya Herawati
Bandara YIA Mulai Melayani Penerbangan Umroh Agustus 2023, Ini Maskapainya Suasana terminal kedatangan di YIA. - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGOBandara Internasional Yogyakarta (YIA) akan mulai melayani penerbangan umrah pada awal Agustus 2023. Penerbangan tersebut akan menggunakan maskapai Lion Air dengan jenis pesawat berbadan lebar Airbus 330-900 Neo.

General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan penerbangan internasional umrah tersebut dibuka setelah pertemuannya dengan 37 agen travel umrah se-Jawa Tengah dan DIY.

Advertisement

“Kami memang benar mau membukan penerbangan untuk umrah awal Agustus besok. Maskapainya pakai Lion Air A330-900 Neo dengan kapasitas 433 tempat duduk atau seat,” kata Pandu, Senin (5/6/2023).

Pandu menambahkan bahwa jalur penerbangan tersebut adalah Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)-Pangeran Mohammed Bin Abdulaziz (MED) dan Bandara Internasional King Abdulaziz (JED)-YIA.

Jelasnya, penerbangan tersebut akan dilakukan satu kali dalam seminggu yaitu Kamis JT118 YIA-MED mulai pukul 15.40-22.30 dan Jumat JT119 JED-YIA pukul 02.10-17.00 WIB.

BACA JUGA: 8 Spot Kuliner Malam di Jogja

Di lain pihak Stakeholder Relation Manager YIA, Ike Yutiane menegaskan bahwa Bandara YIA siap menyambut rencana pembukaan penerbangan umrah tersebut.

“Memang ada rencana penerbangan umroh. Dari kami sendiri, secara fasilitas sudah siap dan juga menyambut baik rencana tersebut,” kata Ike, Senin.

Kendati rencana pembukaan penerbangan umrah telah bergulir, namun Ike mengatakan perseroan belum menerima surat resmi dari pihak maskapai Lion Air.

Lebih jauh, dia mengatakan trafik penumpang Bandara YIA mulai tanggal 10 Mei-4 Juni 2023, rata-rata mencapai sepuluh sampai 12.000 penumpang per hari.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag DIY, Aidi Johansyah mengatakan pihaknya telah melakukan bertemu pihak maskapai Lion Air untuk mengikuti sosialisasi pembukaan penerbangan umrah di Bandara YIA.

“Kami beberapa waktu lalu diajak Lion Air. Mereka memberitahukan rencana tersebut [pembukaan penerbangan umrah],” kata Aidi.

Ia menjelaskan elama ini penerbangan umrah selalu melewati Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Karena itu, denganya adanya penerbangan umrah di Bandara YIA menuju Arab Saudi, maka akan lebih efesien. “Harapan kami semoga [jadi membuka penerbangan umrah]. DIY kan sudah punya salah satu bandara terbaik di Indonesia. Seyogianya YIA dapat dimaksimalkan penggunaanya,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement