Advertisement

Produksi Sampah di Jogja Sempat Turun, Tapi Naik Lagi Gara-Gara Ini

Triyo Handoko
Rabu, 07 Juni 2023 - 20:37 WIB
Maya Herawati
Produksi Sampah di Jogja Sempat Turun, Tapi Naik Lagi Gara-Gara Ini Sampah tercecer di trotoar Jalan Malioboro, Kota Jogja, belum lama ini - Harian Jogja/Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penanganan produksi sampah Jogja sudah memenuhi target pada April lalu dengan hanya 225 ton perhari. Sayangnya, produksi sampah malah naik lagi pada Mei lalu dimana jumlahnya jadi 241 ton perhari.

Data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja menunjukkan penurunan volume sampah konsisten dari Desember 2022 sampai April 2023. Di mana pada Desember lalu sebesar 299 ton perhari, menurun jadi 271 ton pada Januari, menurun lagi pada Februari dengan 260 ton perhari, masih turun lagi jadi 247 ton pada Maret, lalu mencapai target penurunan pada April jadi 225 ton per hari.

Advertisement

BACA JUGA: Disanjung Simon Cowell, Ternyata Putri Ariani adalah Siswi SMK Seni di Bantul

Kenaikan volume sampah terjadi pada Mei lalu, identifikasi DLH Jogja menyebut ada dua faktor peningkatan sampah tersebut. “Pertama musim libur pada Mei banyak, lalu harga sampah residu yang bisa didaur ulang melemah sehingga kebanyakan terbuang begitu saja,” jelas Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Ahmad Haryoko, Rabu (7/6/2023).

Peningkatan volume sampah, jelas Haryoko, tak hanya terjadi di Kota Jogja. “Di Bantul dan Sleman semuanya naik volumenya yang masuk TPST Piyungan, kami akan evaluasi program penurunan sampah juga agar Kembali sesuai target,” katanya.

Data DLH Jogja yang tergabung dengan Sekretariat Kartamantul dalam pengelolaan sampah menyebut volume sampah dari Bantul pada April lalu sebanyak 160 ton per hari, naik jadi 175 ton. Sedangkan, Sleman volume sampahnya pada April sebanyak 272 ton, jadi 293 ton per hari pada Mei. Sementara data kumulatif volume sampah TPST Piyungan pada April sebanyak 657 ton perhari, membengkak jadi 709 ton pada Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement