Advertisement

Pastikan Tak Rekrut CPNS, Begini Nasib Rekrutmen PPPK di Gunungkidul

David Kurniawan
Selasa, 13 Juni 2023 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Pastikan Tak Rekrut CPNS, Begini Nasib Rekrutmen PPPK di Gunungkidul Ilustrasi PNS / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul masih menunggu formasi resmi untuk perekrutan aparatur si[il negara (ASN) di tahun ini. Meski demikian, bisa dipastikan rekrutmen hanya untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sekretaris BKPPD Gunungkidul, Reni Linawati mengatakan Pemerintah Pusat sudah mengumumkan pengadaan 1 juta ASN yang terdiri dari CPNS dan PPPK di tahun ini. Meski demikian, dia memastikan tidak ada perekrutan CPNS di lingkup Pemkab Gunungkidul. “Daerah hanya diperbolehkan mengusulkan untuk rekrutmen PPPK,” kata Reni, Selasa (13/6/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan untuk pengusulan sudah mengajukan sekitar 400 formasi PPPK. Jumlah ini sesuai dengan PNS yang pensiun di 2023.

BACA JUGA: Banyak Calon PPPK Tak Lulus, Proses Seleksi Akan Dievaluasi

Namun begitu, Reni mengakui belum ada informasi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) berkaitan dengan kuota formasi. Oleh karena itu, pihaknya hanya bisa menunggu terkait dengan kepastian formasi. “Masih ada tahapan verifikasi. Jadi, hingga sekarang masih menunggu pembagian kuota dari Pemerintah Pusat,” katanya.

Hal yang sama juga berlaku untuk pelaksanaan rekrutmen. Hingga sekarang belum ada instruksi resmi tentang jadwal perekrutan PPPK. “Tentunya kami menunggu kabar itu, untuk kemudian kami sosialisasikan ke masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, Kepala BKPPD Gunungkidul, Iskandar mengatakan untuk kebutuhan pegawai sudah membuat pemetaan. Adapun hasilnya, mendapatkan kuota perekrutan lebih dari 1.000 formasi.

Meski demikian, kuota tidak dimanfaatkan secara maksimal karena yang diajukan hanya sekitar 400-an formasi. Dia berdalih tidak berani memaksimalkan kuota dikarenakan beban gaji juga ditanggung oleh Pemkab Gunungkidul. “Jadi yang diusulkan hanya 400-an formasi sesuai PNS yang pensiun tahun ini,” katanya.

Menurut dia, keuangan Pemkab Gunungkidul masih sangat terbatas sehingga tidak bisa merekrutn lebih banyak PPPK. “Sudah diperhitungkan dan perekrutan disesuaikan dengan kemampuan keuangan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KNKT Turun Tangan Selidiki Penyebab Kecelakaan Bus Rombongan SMK Lingga Kencana Depok

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement