Advertisement

One Pride MMA Jogja Istimewa, Ajang Positif Salurkan Energi Remaja

Media Digital
Kamis, 15 Juni 2023 - 08:57 WIB
Abdul Hamied Razak
One Pride MMA Jogja Istimewa, Ajang Positif Salurkan Energi Remaja Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa. Ist

Advertisement

SLEMAN—Masa remaja merupakan momentum usia yang digambarkan sebagai usia yang paling produktif, penuh semangat dan energi. 

Pada usia ini remaja cenderung menonjolkan keakuannya, dan dihadapkan pada upaya pencarian jati diri sekaligus dihadapkan dengan berbagai pengaruh yang seringkali diserap tanpa filter. Hal inilah yang kemudian menimbulkan gejolak aksi negatif remaja.

Advertisement

"Beberapa bulan lalu kita dikejutkan oleh aksi klithih remaja di DIY yang sempat menimbulkan kekhawatiran warga DIY. Fenomena klithih ini bahwa menggegerkan warganet dengan tagar #JogjaDaruratKlithih," kata Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Rabu (14/6/2023).

Fenomena inilah, kata Danang, yang melatarbelakangi lahirnya event olahraga alternatif “Jogja Gelut Day”. Event ini digagas pada saat krisis klithih Jogja tengah memanas oleh Erix Soekamti – anggota band Endank Soekamti.

Jogja Gelut Day merupakan sebuah wadah perhelatan olahraga yang ditujukan untuk menampung agresivitas pemuda di usianya yang penuh energi dan semangat. Dengan event ini diharapkan dapat menyalurkan energi dan agresivitas tersebut dengan jalan yang lebih tertata. 

"Harapannya, kasus klithih pun akan ikut turun karena berganti dengan adu fisik dalam ring, tentunya di bawah pantauan professional dalam aturan yang baku," katanya.

Menurut Danang, Jogja Gelut menjadi sebuah solusi positif untuk menjawab kebutuhan generasi muda yang butuh eksistensi diri. Melalui ajang ini, katanya, remaja mendapatkan kesempatan menunjukkan kemampuan diri tanpa harus dihadapkan pada aksi kriminal. 

Dikemas dalam bentuk olahraga bela diri campuran Mixed Martial Arts (MMA), Jogja Gelut Day merupakan sarana menjaring bibit atlit MMA yang akan berlaga hingga tingkat nasional.

Pada 9 Juni 2023 yang lalu, Kabupaten Sleman mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan One Pride MMA Jogja Istimewa yang bertempat di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Mengangkat tema “Dari Biang Onar menjadi Tenar Berprestasi, Yang Muda Yang Berdaya”, event Jogja One Pride Istimewa diikuti oleh 75 petarung amatir tingkat regional dan petarung professional level nasional.

Ajang ini semakin istimewa karena didukung dengan penyelenggaraan pameran dan pameran dagang UMKM lokal Sleman, talkshow kewirausahaan, festival music, e-sport, festival mural dan berbagai kegiatan sosial memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-107.

Sesuai harapan, One Pride MMA berhasil membuktikan visinya sebagai sarana penjaringan bibit-bibit atlit MMA. Pada final Jogja Gelut Day Road to One Pride MMA Jogja Istimewa tercatat 12 atlet MMA Jogja yang nantinya akan mewakili DIY di ajang MMA tingkat nasional.

"Saya harap event One Pride MMA ini dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak kita bahwa setiap minat dan bakat dapat disalurkan melalui jalur yang positif. Disinilah peran kita sebagai orang tua dan pendidik untuk dapat mengarahkan putra-putri kita di jalur yang tepat," kata Danang.

Dia juga mengajak seluruh warga Sleman khususnya para orang tua, guru dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjalankan perannya dalam saling mengasuh dan mengasah anak-anak Sleman menjadi generasi berkualitas yang berkharakter mulia. "Dengan upaya bersama mari kita wujudkan generasi muda Sleman yang kreatif dan terhindar dari perilaku negatif," ujarnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Untuk Mengurangi OTT Korupsi, KPK Fokus Membangun Kasus

News
| Sabtu, 26 Oktober 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement