Advertisement

Dukung Gerakan Ekonomi Hijau, BSI Kampanyekan Zero Waste di Jogja

Media Digital
Sabtu, 17 Juni 2023 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dukung Gerakan Ekonomi Hijau, BSI Kampanyekan Zero Waste di Jogja Peserta green-friendly running mengambil botol bekas sebagai bagian dari kampanye zero waste. Ini merupakan upaya BSI dalam mewujudkan program ekonomi hijau guna menjaga ekonomi berkelanjutan yang pro People, Planet, dan Profit (3P). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

JOGJA—Melalui ajang lari maraton, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengajak masyarakat berpartisipasi dalam gerakan ‘zero waste’ dengan mengurangi sampah plastik. Hal ini merupakan bentuk dukungan BSI terhadap ekonomi hijau, sekaligus meningkatkan kepedulian publik terhadap lingkungan. Kali ini, program pengurangan sampah plastik digelar di ajang Mandiri Jogja Marathon 2023.

Corporate Secretary BSI, Gunawan Arif Hartoyo, mengatakan BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia akan terus mendukung dan berpartisipasi dalam usaha-usaha pemerintah mewujudkan target ‘zero waste, zero emission’ di tahun 2030, serta mewujudkan program ekonomi hijau guna menjaga ekonomi berkelanjutan yang pro People, Planet, dan Profit (3P).

Advertisement

“Melalui ajang Mandiri Jogja Marathon 2023, BSI mengajak semua pihak untuk semakin peduli pada lingkungan, dimana salah satunya adalah mengurangi sampah plastik. Kami berharap, kehadiran BSI akan memberikan manfaat tidak hanya untuk kemajuan ekonomi, tetapi juga untuk masyarakat dan alam sekitar,” kata Gunawan di Jogja, Jumat (16/6/2023).

Berdasarkan pernyataan Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, apabila tidak ada tindakan yang berarti, dan tanpa adanya intervensi, menurut UNEP jumlah sampah plastik yang masuk ke ekosistem akuatik dapat meningkat hampir tiga kali lipat. Angkanya dari sekitar 9-14 juta ton per tahun pada tahun 2016 menjadi 23-37 juta ton per tahun pada tahun 2040.

Atas dasar keprihatinan tersebut, tambah Gunawan, BSI akan terus berkomitmen dan ikhtiar untuk bersama-sama bisa mengurangi jumlah sampah plastik di Indonesia. Apalagi sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang sulit terurai bahkan membutuhkan waktu 50-100 tahun sampai benar-benar terurai.

Baca juga: Mantul! Aset Perbankan di DIY Tumbuh 4,36%

Untuk mengurangi sampah plastik ini, BSI berkolaborasi dengan Plasticpay dengan menempatkan reverse vending machine (RVM). Khusus di ajang Mandiri Jogja Marathon 2023, vending mesin sampah plastik tersebut akan ditempatkan di 3 titik, yaitu Kantor BSI KC Sudirman, Pendopo Royal Ambarrukmo, dan Area Candi Prambanan.

“Nantinya masyarakat bisa berpartisipasi dengan menukarkan botol plastik dengan saldo tabungan. Transaksi dilakukan melalui BSI Mobile, yang mana masyarakat bisa langsung membuka rekening BSI untuk dapat melakukan transaksi tersebut,” kata Gunawan.

Kerjasama antara BSI dan Plasticpay merupakan kolaborasi untuk menjalankan gerakan sosial berbasis platform digital dengan mengajak masyarakat mengubah sampah botol plastik yang merusak lingkungan menjadi bermanfaat. Selain itu juga membawa kebaikan multi dimensi melalui Reverse Vending Machine (RVM) dan Mini Collection Point (MCP) Plasticpay.

Untuk nasabah BSI, yang menukarkan botol di Mesin RVM BSI akan mendapatkan 1.000 point/botol untuk 100 botol pertama/hari, yang bisa di reedem ke rekening BSI, sedangkan botol plastik berikutnya akan dihargai Rp56. Sementara untuk non nasabah akan mendapatkan Rp56/botol.

Pada tahun 2022, pemasangan mesin ini berada di 23 titik lokasi di Jabodetabek dan Bali. Sampai dengan kuartal I-2023 ada penambahan 10 titik lokasi pemasangan dengan perkiraan pengurangan jejak karbon sebesar 21 Ton CO2.

Keuangan Berkelanjutan

BSI terus berperan aktif dalam mengimplementasikan keuangan keberlanjutan. Hingga Maret 2023, BSI telah menyalurkan pembiayaan keuangan berkelanjutan dengan nilai Rp51,46 triliun atau 24,13% dari total pembiayaan BSI. BSI mengimplementasikan green economy dan ekonomi berkelanjutan yang diimplementasikan melalui berbagai program socioeconomic, seperti Desa BSI yang berjumlah 10 Desa di seluruh Indonesia dengan penerima manfaat sebanyak 3.066 orang dan total penyaluran sebesar Rp 5,4 miliar.

Tidak hanya itu, dalam ajang BSI Jogja Marathon 2023, BSI juga menyiapkan doorprize spesial untuk peserta Mandiri Jogja Marathon berupa Garmin FR 55 Smart Watch, Running Belt KIPRUN, Running Cap Kalenji, Glasser GOODR, Arm Cover KIPRUN, Running Hand Flash KALENJI. Para pengunjung mendapatkan kesempatan doorprize dengan cara melakukan booking salah satu produk BSI atau memberikan bukti transaksi belanja dimanapun dengan periode belanja 15–18 Juni 2023 minimal transaksi Rp100.000 menggunakan BSI Hasanah Card, Debit Card & QRIS BSI.

Selain untuk peserta lari, pengunjung juga berkesempatan untuk mendapatkan kupon doorprize hanya dengan mengunjungi open booth BSI di Race Pack dan Race Day. Setiap pengunjung yang memfollow akun Instagram @lifewithbsi mendapatkan kesempatan dalam mengikuti permainan Wheel of Fortune. BSI juga menyediakan Fitbar bagi seluruh peserta yang mengunjungi booth BSI di Race Day – Candi Prambanan. (BC)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement