Advertisement

Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menggelar Studium Generale How to be a Wise & Smart Investor Amidst Uncertainty

Media Digital
Selasa, 20 Juni 2023 - 09:07 WIB
Jumali
Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menggelar Studium Generale How to be a Wise & Smart Investor Amidst Uncertainty Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menggelar Studium Generale How to be a Wise & Smart Investor Amidst Uncertainty - Ist

Advertisement

JOGJA-Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menggelar Studium Generale “How to be a Wise & Smart Investor Amidst Uncertainty” pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 di Auditorium Koinonia UKDW. Kegiatan ini merupakan puncak rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Bisnis UKDW Yogyakarta yang telah berdiri selama 38 tahun.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset (WR 1) UKDW Dr. Rosa Delima, S.Kom., M.Kom. menyampaikan 38 tahun adalah usia yang matang, namun harus terus berkembang mengikuti perubahan yang terjadi seperti perubahan teknologi yang begitu cepat sehingga Fakultas Bisnis harus bisa berinovasi, menerapkan pendidikan yang adaptif, dan memenuhi kebutuhan dunia usaha maupun dunia kerja.

Advertisement

“Kegiatan ini bermanfaat untuk membuka wawasan kita akan tantangan dan menyikapi perubahan yang terjadi. Harapannya kita dapat menghasilkan lulusan yang tangguh dan komoeten sehingga dapat bersaing di dunia kerja,” terangnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Bisnis UKDW Dr. Perminas Pangeran, M.Si. mengatakan lulusan Fakultas Bisnis diharapkan memiliki integritas, karakter kuat, kompetensi, kapasitas berpikir yang kritis, kreatif, dan inovatif.

Adapun narasumber dalam acara ini adalah Bapak Lo Kheng Hong, seorang investor ulung di Indonesia. Lo Kheng Hong bahkan dijuluki ‘Waren Buffet’-nya Indonesia. Pada kesempatan itu, Lo Kheng Hong berbagi tips dalam berinvestasi di instrument saham. Berinvestasi di pasar modal khususnya saham, harus paham mengenai fundamental perusahaan yang sahamnya hendak dibeli.

“Kita harus apa yang kita beli. Kita bisa membaca annual report maupun laporan keuangannya. Dari annual report, kita bisa mengetahui siapa pengendali perusahaan, direksi, komisaris, pemegang saham mayoritas. Apakah mereka orang yang berintegritas? Jangan sampai seperti membeli kucing dalam karung. Sangat berbahaya jika kita membeli saham perusahaan publik dimana pengendali perusahaan tidak jujur dan berintegritas. Kejujuran dan integritas adalah hal-hal yang harus diperhatikan,” terangnya.

Lo Kheng Hong menambahkan berinvestasi juga harus dilakukan pada saat yang tepat. Selain itu, seorang investor juga harus menjadikan budaya membaca sebagai sebuah kebiasaan. “Berinvestasi di bursa saham sangat mudah. Kuncinya adalah kesabaran. Jauh lebih baik membeli a wonderful company di harga yang wajar daripada membeli perusahan biasa di harga yang murah. Investasi yang sukses membutuhkan waktu, disiplin, dan kesabaran,” paparnya.

Pristanto Silalahi salah satu Dosen Fakultas Bisnis UKDW berharap dengan diadakannya Stadium Generale “How To Be A Wise and Smart Investor Amidst Uncertainty?” yang dihadiri oleh 400 orang lebih menjadi sarana bagi baik mahasiswa, dosen, praktisi/investor dan masyarakat umum untuk dapat mengetahui tentang pasar modal dan dunia investasi serta bagaimana cara untuk berinvestasi dengan bijak dan cerdas secara langsung di Pasar Modal.

Selain itu juga tentunya diharapkan dengan adanya kegiatan ini audiens bisa menjadi lebih bijak dalam meraih kesuksesan di Pasar Modal yang mengutamakan teknik dan analisis dalam berinvestasi bukan mengutamakan ego agar dapat menghasilkan investasi yang baik sehingga dapat memperoleh return yang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkop UKM Targetkan RUU Perkoperasian Disahkan Akhir 2023

News
| Selasa, 26 September 2023, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement