Advertisement

Viral Bus Terguling di Gunungkidul Disebut Trans Jogja, Ini Penjelasan Dishub DIY

Sunartono
Selasa, 04 Juli 2023 - 07:47 WIB
Sunartono
Viral Bus Terguling di Gunungkidul Disebut Trans Jogja, Ini Penjelasan Dishub DIY Kondisi bus rombongan wisatawan yang terprosok di Tanjakan Gemulang, Kapanewon Tepus, Gunungkidul pada Minggu (2/7 - 2023). / Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan DIY memastikan bus yang terguling di Gunungkidul bukan armada Trans Jogja. Akan tetapi Dishub DIY mengakui bus tersebut pernah dipakai sebagai armada Trans Jogja terakhir 2017 silam.

Plt Kepala Dishub DIY Sumariyoto menepis kabar terkait bus Trans Jogja terguling di Gunungkidul. Model bus tersebut memang seperti Trans Jogja karena pernah dipakai sebagai armada media 2008 hingga 2016 silam. Akan tetapi sejak 2017 karena usia teknis kendaraan sudah habis kemudian armada itu tidak dioperasikan dan dijual kepada pihak lain.

Advertisement

BACA JUGA : Kronologi Bus Pariwisata Terguling di Tanjakan Tepus 

“Jadi bus ini memang dulu pernah dioperasikan Trans Jogja di tahun 2008 sampai 2016 karena usia teknis kendaraan sudah habis kemudian tidak dioperasikan lagi. Sehingga statusnya saat ini bus itu bukan Trans Jogja,” kata Sumariyoto dalam keterangan resminya, Senin (3/7/2023).

Sebelumnya sebanyak tujuh orang terluka dalam kecelakaan lalu lintas (laka) bus pariwisata sarat penumpang di Tanjakan Gemulung, Pulegundes, Tepus, Gunungkidul, Minggu (2/7/2023) pagi. Saat kecelakaan, jumlah penumpang dalam bus tersebut mencapai 33 orang.

Sumariyoto menegaskan bus tersebut secara kepemilikan sudah beralih namun pembeli belum mengubah surat kepemilikan kendaraan atas nama pembeli. Ia mengimbau masyarakat berhati-hati dalam menentukan bus yang akan digunakan untuk berwisata.

BACA JUGA : Bus Terguling di Gunungkidul: Tak Ada Korban Jiwa

“Terutama bila ingin berwisata ke objek-objek wisata yang medannya berbahaya untuk dilalui bus yang sudah berumur. Pastikan bus pariwisata tersebut dikelola oleh perusahaan PO yang sudah berizin dan pastikan semua dokumen kendaraan tersebut lengkap,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement