Advertisement

Program Provinsi Cerdas, DIY Jadi Daerah Percontohan

Newswire
Rabu, 12 Juli 2023 - 22:57 WIB
Maya Herawati
Program Provinsi Cerdas, DIY Jadi Daerah Percontohan Smart City/Smart Province - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menunjuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi daerah percontohan penerapan program smart province atau provinsi cerdas di Indonesia.

"Harapannya, program smart province di DIY bisa menjadi percontohan untuk provinsi-provinsi lain di Tanah Air dalam membangun smart province-nya," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel A. Pangerapan saat memberikan sambutan secara daring dalam acara Kick Off Master Plan Jogja Smart Province di Jogja, Rabu (12/7/2023).

Advertisement

Semuel menjelaskan syarat untuk menjadi smart province setidaknya harus memiliki peta jalan provinsi cerdas dan telah dinyatakan lulus asesmen.

Dia menilai seluruh kabupaten dan kota di Jogja telah memiliki peta jalan smart city, sehingga layak untuk mulai membangun provinsi cerdas dengan mengintegrasikan kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

"Ini tentu suatu capaian yang luar biasa dan kami sangat mengapresiasi, Bapak, Ibu, pimpinan daerah yang atas komitmennya melakukan transformasi digital di wilayah masing-masing," jelasnya.

Sedangkan, Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan Jogja telah memiliki program Jogja Smart Province atau JSP sejak 2017, yang ditindaklanjuti dengan penetapan Peraturan Gubernur DIY Nomor 46 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Jogja Smart Province 2019-2023.

Merujuk pada Visi dan Misi Gubernur DIY Tahun 2023-2027, program JSP tersebut dilanjutkan dengan percepatan transformasi spasial dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berfokus pada harmonisasi manusia dengan teknologi.

Hingga 2023, program tersebut antara lain telah mewujudkan Security Operation Center, Jaringan Intrapemerintah Daerah, serta Inovasi Layanan Publik Terintegrasi.

BACA JUGA: Jumlah Bakal Caleg di Gunungkidul Berkurang

Keberhasilan program JSP, kata Sultan, di antaranya tercermin melalui capaian indeks akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan dengan predikat AA, indeks reformasi birokrasi DIY dengan predikat A, keterbukaan informasi publik pada klaster informasi sistem pemerintahan berbasis elektronik dengan kategori baik, serta indeks keamanan informasi terbaik se-Indonesia.

Selain itu, Jogja juga terpilih sebagai salah satu daerah proyek percontohan implementasi provinsi cerdas pada 2023.

"Terpilihnya DIY sebagai pilot project nasional implementasi smart province menjadi tantangan tersendiri, bagaimana kolaborasi dan integrasi yang sudah dirintis pada fase pertama JSP terus dilanjutkan dengan penekanan harmonisasi antara teknologi dengan masyarakat," ujar Sultan HB X.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kantor Bupati dan Gedung DPRD Pohuwato Dibakar Massa

News
| Kamis, 21 September 2023, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Wisata Jogja Dekat Malioboro: Ada Pameran, Museum Vredeburg Buka Sampai Malam Akhir Pekan Ini

Wisata
| Kamis, 21 September 2023, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement