Advertisement

Gratis! Ngatmombilung Bakal Ramaikan Gelar Karya Guru Vokasi Seni Budaya

Sunartono
Jum'at, 11 Agustus 2023 - 12:37 WIB
Sunartono
Gratis! Ngatmombilung Bakal Ramaikan Gelar Karya Guru Vokasi Seni Budaya Kepala BBPPMPV Seni Budaya Sarjilah (tengah) saat memberikan penjelasakn terkait kegiatan gelar karya guru SMK dengan menghadirkan band Ngatmombilung. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Grup band asal Jogja Ngatmombilung bakal meramaikan acara Gelar Karya Upskilling dan Reskilling Guru Vokasi Bidang Seni dan Budaya 2023 di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni Budaya Jalan Kaliurang, Ngaglik, Sleman pada 14 hingga 16 Agustus 2023 mendatang.

Ngatmombilung dijadwalkan tampil di Halaman Kantor BBPPMPV Seni Budaya pada Senin (14/8/2023) pukul 21.00 WIB. Konser ini pun dibuka secara gratis untuk masyarakat khusus para remaja dengan dilakukan pembatasan bagi yang ingin masuk ke lokasi pentas.

Advertisement

BACA JUGA : Pertumbuhan Aset Bank Umum Syariah DIY Capai 12,42%

“Mengapa ini perlu ada pementasan karena, panggung ini juga menjadi ruang bagi guru SMK untuk mementaskan hasil karyanya setelah kami berikan pelatihan. Di antaranya ada seni karawitan, seni musik,  tari, musik pok dan teater ini untuk materi pementasan,” kata Kepala BBPPMPV Seni Budaya Sarjilah, Kamis (10/8/2023).

Materi lain yang ditampilkan dalam pameran itu antara lain karya guru bidang DKV, seni lukias, seni patung, keriya kayu, kriya batik, kriya logam, produksi film, siaran radio dan lain-lain. Adapun terkait kehadiran grup band yang sedang viral saat ini, Ngatmombilung, menurutnya sebagai upaya menarik minat masyarakat terutama di kalangan remaja. Muaranya agar mereka mengenal bagaimana karya-karya SMK yang ditampilkan dalam perhelatan itu.

“Kehadiran kelompok musik Ngatmombilung ini harapannya menjadi daya tarik, yang mungkin selama ini mau nonton konser tidak sesuai harapan, kami coba hadirkan ini secara gratis untuk masyarakat terutama kaum muda. Agar mereka mengenal SMK dan melihat karya-karya terbaik SMK dan SMK menjadi pilihan masyarakat,” katanya.

Ketua Pelaksana Gelar Karya, Cahyo Yuwono menambahkan kegiatan itu merupakan rangkaian dari pelatihan yang diikuti 348 guru SMK yang terbagi dalam 22 kelas sesuai kompetensinya. Para guru berasal dari berbagai kota di Indonesia itu telah melalui proses pelatihan baik terori di BBPPMPV hingga praktik di dunia usaha kawasan Jateng DIY selama sebulan.

BACA JUGA : Aftershine Ramaikan Pembukaan Sleman Fair di Denggung

“Karena sudah mengikuti pelatihan, saat ini dilakukan uji pubik lewat karya seni yang dipamerkan langsung agar dinilai dan dinikmati masyarakat. Termasuk seni pertunjukan, mereka akn menampilkan misalnya karya tari atau musik klasi. Mereka sudah mendapatkan praktik di industri,” katanya.

Para guru tersebut sebelumnya melalui proses seleksi tertentu untuk bisa mengikuti pelatihan tersebut. Akan tetapi seleksi tersebut lebih mengedepankan peningkatan kompetensi. “Misalnya guru harus mengumpulkan biodata pernah mengikuti pelatihan apa saja, akalu sebelumnya sudah sering mengikuti tentu akan diprioritaskan bagi guru yang belum pernah ikut pelatihan, karena semangatnya meningkatkan kompetensi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Pabrik yang Tutup Pada 2024

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement