Advertisement

Jogja City Mall Gelar Pameran Alutsista Independence Day Military Expo 2023

Media Digital
Sabtu, 12 Agustus 2023 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jogja City Mall Gelar Pameran Alutsista Independence Day Military Expo 2023 Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Jogja City Mall kembali menghadirkan Independence Day Military Expo 2023 (IDME). - Ist

Advertisement

JOGJA—Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Jogja City Mall kembali menghadirkan Independence Day Military Expo 2023 (IDME). Event ini untuk menggugah semangat kemerdekaan sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat Jogja.

IDME merupakan ajang pameran Alutsista TNI-Polri yang setiap tahunnya hadir di Jogja City Mall. Spesial di HUT RI ke-78, IDME 2023 diselenggarakan dari tanggal 10 hingga 13 Agustus 2023 di area Drop Off dan Pedestrian Jogja City Mall.

Advertisement

Pada tahun ini, acara Independence Day Military Expo 2023 terasa lebih spesial dari sebelumnya karena dibuka secara langsung oleh Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo bersama Bunardi selaku perwakilan dari PT Garuda Mitra Sejati pada hari pertama.

Acara ini hadir dengan menampilkan berbagai kendaraan tempur dan senjata ringan yang dimiliki oleh para matra. Mulai dari kendaraan militer seperti Anoa, Truck Reo, Meriam Tarik, Tarantula, dan Panhard dari TNI AD, Aerotex X1, Simulator Kokpit, dan Jabiru dari TNI AU, dan perahu karet dari TNI AL.

Baca juga: Bayi Tertukar di Bogor, Ketahuan Setelah 1 Tahun, Kok Bisa? Berikut Kronologinya

Tidak ketinggalan Polri turut berpartisipasi dengan memajang kendaraan kepolisian seperti ATV, UTV, Rantis SAR, dan Jetski dari Polairud Polda DIY, Samapta Polda DIY memamerkan Rantis SAR dan APC serta Satbrimob DIY memamerkan Rimueng, Barracuda, dan Maung.

Adanya IDME 2023 dapat dijadikan sebagai platform edukatif yang berkontribusi dalam memperkenalkan alat-alat pertahanan dan keamanan negara kepada warga Jogja.

Tidak hanya kendaraan tempur, pameran ini juga menampilkan booth-booth matra yang memamerkan senjata ringan pertahanan milik TNI-Polri. Dari Yonif 403 menampilkan senjata ringan seperti SMB CIS, GPMG CIS, SPR 2, SPR 1, SS 2, dan lainnya.

Bataleon Armed 3/105 menampilkan senjata SO Kaliber, SS2 V 5, Meriam, dan alat pendukung Meriam seperti optik
Meriam. Untuk Pangkalan TNI AL Yogyakarta, tidak hanya memamerkan senjata mereka berupa SS1 dam SS2, alat selam Mark V Mod I, dan lainnya. Dari Polairud, memboyong alat pendukung untuk penyelaman seperti: Driver Alarm (systen para penyelam untuk berkomunikasi), Under Water Monitoring Drone, Terminal imaging camera (untuk mengukur suhu tubuh), dan masih banyak lagi.

Kemudian dari Brimob memajang senjata HS-9, SIG Sauer P-320, AK 102, Styer Aug, SAGL, OOW GAG M249, dan masih banyak lagi. Dari Samapta mereka memamerkan flasball gas air mata dan berbagai jenisnya yang ditampilkan dengan detail.

Pada hari pembukaan IDME 2023, Jogja City Mall menghadirkan berbagai pertunjukan menarik dan seru seperti: Progo Police Band, Marching Band Drum Corps Ayodhya Karta PDBI Yogyakarta, Lanal Band, Yonis Mekanis 403, Teater Juang 45, dan masih banyak lagi.

Antusias pengunjung yang hadir semakin bertambah dengan adanya atraksi Fly Pass dari FASI Jogja Flying Club yang melintas dengan cantik di langit Jogja City Mall. Dengan adanya IDME 2023, Jogja City Mall mengajak masyarakat Jogja bersama-sama merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan turut serta mengapresiasi dedikasi para TNI dan Polri yang telah menjaga perahanan dan keamanan negara kita. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement