Advertisement

HUT ke-78 RI, OJK DIY: Insan OJK Adaptif dengan Perkembangan Zaman

Media Digital
Kamis, 17 Agustus 2023 - 18:47 WIB
Sirojul Khafid
HUT ke-78 RI, OJK DIY: Insan OJK Adaptif dengan Perkembangan Zaman Suasana Upacara Peringatan HUT ke-78 RI oleh OJK DIY di Lapangan Parkir GOR Amongrogo, Jogja, Kamis (17/8/2023). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

JOGJA—Banyak langkah transformatif dan perubahan di internal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk semakin berkontribusi dalam kemajuan Indonesia. Hal ini disampaikan Kepala OJK Perwakilan DIY, Parjiman dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di Lapangan Parkir GOR Amongrogo, Jogja, Kamis (17/8/2023).

Langkah-langkah transformasi dan perubahan dilakukan agar OJK lebih baik serta adaptif dalam menghadapi perkembangan zaman. Beberapa transformasi dilakukan dalam konteks organisasi, sumber daya manusia, budaya, sistem informasi, sampai penguatan penegakan hukum untuk memperkokoh sistem keuangan.

Advertisement

“Implementasi sistem manajemen ini di seluruh satuan [yang ada di OJK]. Mari seluruh insan OJK untuk mendukung transformasi untuk memenuhi ekspektasi pemangku kepentingan untuk Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” kata Parjiman.

Semangat ini sama dengan tema HUT ke-78 RI yaitu Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Terlebih saat ini momen ekonomi dan keuangan Indonesia sedang baik. OJK dengan kontribusi di sektor keuangan juga menjadi salah satu garda pendukung dalam meredam dampak pandemi Covid-19 sebelumnya.

Baca juga: Presiden Jokowi: Insyaallah Upacara 17 Agustus 2024 dilaksanakan di IKN

Kini, perekonomian semakin meningkat. Salah satu contohnya Provinsi Bali, yang sebelumnya sangat terdampak dari mati surinya sektor wisata, perlahan sudah bisa bangkit. Bahkan angka kunjungan tahun ini sudah lebih tinggi dari sebelum pandemi.

“Restrukturisasi pembiayaan dan fasilitas yang diberikan memiliki efek yang telah membawa hasil konkret [di Bali],” katanya. “Sektor non wisata, seperti pertanian dan UKM yang berbasis organik dan berkelanjutan juga berkembang cepat.”

Kabar baik perekonomian menjadi semakin berarti melihat kondisi global yang cenderung tidak pasti. Perekonomian Indonesia yang sebelumnya mengandalkan ekspor, namun terkendala dengan melambatnya ekonomi dunia, bisa ditopang oleh konsumsi rumah tangga dan investasi.

Pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia seperti ini, berasal dari kolaborasi tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, sampai desa. Sinergi ini menjadi prasyarat utama Indonesia untuk terus tumbuh ke depan.

“Tema HUT ke-78 RI Terus Melaju untuk Indonesia Maju tidak hanya slogan, tapi semangat harus kita anut dan wujudkan dalam tindakan nyata,” kata Parjiman.

Di samping itu, HUT ke-78 RI tahun ini juga spesial, lantaran menjadi upacara kenegaraan yang terakhir berada di Jakarta. Tahun depan, kemungkinan besar upacara kemerdekaan sudah mulai berlangsung di Ibu Kota Nusantara di Kalimantan. (BC)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement