Advertisement

Intip Keseruan Perayaan Kemerdekaan ala Pedagang Pasar Beringharjo

Triyo Handoko
Kamis, 17 Agustus 2023 - 18:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Intip Keseruan Perayaan Kemerdekaan ala Pedagang Pasar Beringharjo Lurah Pasar Beringharjo Tengah Tukijan saat mendampingi warga pasarnya mengadakan lomba memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-78. - Dok Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pasar Beringharjo mengadakan berbagai kegiatan dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Kegiatan tersebut antara lain lomba, bazar, pentas seni, hingga upacara Hari Kemerdekaan.

Aneka lomba untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan ini antara lain jalan bakiak, makan kerupuk, cantol panci, dan lainnya. Peserta lomba itu antara lain para pedagang, buruh gendong, petugas pasar, hingga pembeli.

Advertisement

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Tengah Tutik menjelaskan aneka lomba tersebut untuk menambah kekompakan antar warga pasar dan menarik perhatian para pengunjung pasar. “Karena Pasar Beringharjo ini kan juga ramai dikunjungi wisatawan, maka sebagai hiburan dan memeriahkan Hari Kemerdekan kami bikin lomba-lomba tersebut,” jelasnya, Rabu (16/8/2023).

Tutik menyebut peserta lomba sangat antusias mengikuti kegiatan yang ada. “Pesertanya lebih dari 50 orang dari semua warga pasar, sehingga ke depan kami dapat kompak menjaga Pasar Beringharjo ini agar terus dapat memberikan pelayanan yang terbaik,” terangnya.

Baca juga: Wisatawan Mulai Pertanyakan Tumpukan Sampah di DIY

Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Tengah, jelas Tutik, sangat terbantu dengan pengelola pasar yang terus memfasilitasi para pedagang. “Tidak hanya memfasilitasi lomba, tapi apapun usulan kegiatan yang akan dilakukan selalu direspons baik dan difasilitasi, kami sangat mengapresiasinya,” katanya.

Sementara itu Lurah Beringharjo Tengah Tukijan menyebut akan terus memfasilitasi para pedagang pasar dan warga pasar lainnya. “Kekompakan ini menjadi kunci pengelolaan pasar yang efektif, untuk itu kami terus mengakomodasi kebutuhan pedagang dan warga pasar lain,” ujarnya.

Tukijan menyebut salah satu upaya mewujudkan kekompakan tersebut adalah meminta para pedagang untuk terlibat aktif di paguyuban dan terus membuka kiosnya. “Karena akhir 2022 kemarin masih banyak yang belum buka kios karena pandemi, sekarang alhamdulilah sudah buka semua dan aktif di paguyuban dengan begitu kami harap Pasar Beringharjo terus ramai,” tuturnya.

Usaha yang sama juga dilakukan Lurah Beringharjo Barat Aroni Pasa, dimana dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ini juga banyak mengadakan kegiatan. “Kegiatannya serupa, kami aktifkan paguyuban pedagang pasar lagi agar pasar ini terus eksis,” ucapnya.

Aroni juga mengapresiasi Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Jogja yang juga responsif membuat program-program di Pasar Beringharjo. “Aspirasi pedagang dan warga pasar lain juga kami salurkan ke Disdag dan selalu ditindaklanjuti dengan baik, kami harap dapat terus ditingkatkan terutama dalam pengembangan UMKM di pasar karena ini yang banyak diminta para pedagang,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12 Pesawat Tempur China Terbang Rendah di Wilayah Taiwan

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement