Advertisement

Calon Wisudawan UGM Dapat Pembekalan dari Ganjar Pranowo dan Menteri Investasi

Media Digital
Selasa, 22 Agustus 2023 - 17:57 WIB
Catur Dwi Janati
Calon Wisudawan UGM Dapat Pembekalan dari Ganjar Pranowo dan Menteri Investasi Pembekalan bagi calon Wisudawan UGM Program Sarjana dan Diploma Periode IV TA. 2022/2023 oleh Ketua Umum PP Kagama, Ganjar Pranowo di Grha Sabha Pramana UGM pada Selasa (22/8/2023). - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Sejumlah tokoh nasional memberikan pembekalan bagi calon wisudawan Program Sarjana dan Diploma Universitas Gadjah Mada (UGM) Periode IV Tahun Ajaran 2022/2023. Para wisudawan mendapatkan sejumlah perspektif kehidupan pasca kuliah agar mampu berkontribusi bagi Indonesia.

Ketua Umum PP Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama), Ganjar Pranowo yang hadir dalam pembekalan tersebut memaparkan sejumlah perspektifnya terhadap dunia luar pasca lulus kuliah. Dunia luar kata Ganjar, menunggu keahlian dan kontribusi dari para wisudawan.

Advertisement

"Kami kasih perspektif bahwa dunia luar menunggu keahlian, dunia luar menunggu sikap, kontribusi, apalagi mereka ini anak-anak sangat muda yang penuh kreatif dan akan menghadapi situasi nyata. Kita mencoba mengantarkan hari ini dengan Menteri [Investasi], [Kepala] BKPM," kata Ganjar ditemui di Grha Sabha Pramana UGM, Selasa (22/8/2023).

Gubernur Jawa Tengah itu percaya bila para wisudawan UGM merupakan orang-orang hebat yang telah menempa ilmu pengetahuan dan karakternya di kampus biru. Dia juga meyakini wisudawan UGM tidak akan terlalu sulit untuk nantinya terjun langsung ke lingkungan masyarakat.

"Saya orang yang percaya, kawan-kawan yang di wisuda besok pagi dari UGM ini adalah orang-orang hebat yang sudah menempa ilmu pengetahuan yang lengkap, ya knowledge-nya, ya kemudian karakternya, sampai kemudian dia ya insyaallah dia tidak terlalu sulit untuk bisa masuk ke masyarakat," ungkapnya.

BACA JUGA: Melihat Laut dari Atas Bukit, Ini Rute ke Puncak Segoro Gunungkidul

Tak lupa Ganjar juga berpesan kepada para wisudawan untuk mewujudkan mimpi pendiri bangsa. "Kita harapkan mereka selalu ingat apa yang menjadi pesan orang tua, apa yang menjadi mimpi pendiri bangsa agar mereka bisa berkontribusi untuk mewujudkan," tegasnya.

"Sebagai Ketua Umum Kagama saya ingin mengucapkan selamat kepada kawan-kawan, pasti para wisudawan ini ditunggu orang-orang tercinta. Keluarganya, saudaranya dan ada harapan-harapan baru," ujarnya.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia juga membagikan pandangannya tehadap kehidupan setelah kuliah. Para wisudawan kata Bahlil, dapat ambil bagian dalam dunia entrepreneur dan meningkatkan daya juang mereka pasca studinya.

"Saya hari ini sharing dengan teman-teman mahasiswa yang sebentar lagi akan menyelesaikan studinya dan wisuda. Tadi kita sharing tentang bagaimana pasca mereka selesai kuliah, apa yang harus mereka lakukan, menjadi enterprenuer, kemudian bagaimana meningkatkan daya juang mereka," kata Bahlil.

Dalam kesempatan tersebut, Bahlil juga menjelaskan bagaimana perkembangan ekonomi Indonesia kedepan. Termasuk perihal hilirisasi ekosistem.

Rektor UGM, Prof. Ova Emilia menyampaikan ada 3150 calon wisudawan yang akan menjadi alumni UGM dan anggota KAGAMA. Rinciannya, 348 wisudawan sarjana terapan dan 2802 program sarjana.

"Alumni UGM tentunya telah banyak berkiprah dan mengukir prestasi yang kita harap adik-adik semuanya nanti akan menjadi orang-orang yang menekuni berbagai profesi dan tentunya mempunyai prestasi yang luar biasa dengan tentunya bimbingan dari KAGAMA senior yang akan menjadi pemandu adik-adik semua di lapangan," kata Ova.

Ova menyadari tidak ada satupun universitas yang besar tanpa dukungan alumni. UGM kata Ova, berhasil menduduki peringkat 152 dunia untuk indikator reputasi akademik dan menempati peringkat nomor satu di Indonesia. "UGM juga menduduki peringkat 118 dunia, naik 31 peringkat dari sebelumnya untuk reputasi lulusan," katanya.

"Tentunya reputasi tersebut tidak terlepas dari kontribusi dan dukungan alumni semua, sahabat UGM. Sehingga kami mengucapkan terima kasih atas kepemimpinan bapak Ganjar Pranowo selaku Ketua PP Kagama yang memberikan dukungan dan partisipasi konkret alumni untuk pencapaian UGM."  (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Adik Perempuan Kim Jong-un Bantah Isu Ekspor Senjata ke Rusia

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement