Advertisement

BKK Danais Jadi Upaya Pemberdayaan Masyarakat Kulonprogo

Media Digital
Selasa, 29 Agustus 2023 - 23:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
BKK Danais Jadi Upaya Pemberdayaan Masyarakat Kulonprogo Paniradya Pati Keistimewaan, Aris Eko Nugroho, sedang menjelaskan penggunaan Danais di Lapangan Secang, Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo pada Selasa (29/8/2023). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

KULONPROGO—Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kulonprogo melalui Dana Keistimewaan (Danais) menyelenggarakan pagelaran wayang wisata istimewa di Lapangan Secang, Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo, Selasa (29/8/2023). Pagelaran tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan 11 tahun Undang-undang (UU) Keistimewaan DIY. Dalam acara tersebut, Dispar juga melibatkan sekitar 100 UMKM.

Paniradya Pati Kaistimewaan, Aris Eko Nugroho mengatakan bahwa bantuan keuangan khusus (BKK) Danais menjadi salah satu upaya untuk memberdayakan masyarakat. Pemberdayaan tersebut berhilir pada penurunan angka kemiskinan.

Advertisement

Menurut dia, pemilihan lokasi pagelaran wayang wisata istimewa yang berada di Kalurahan Sendangsari dan keterlibatan 100 UMKM merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat. "Kalurahan Sendangsari, Pengasih ini menjadi salah satu lokasi yang menjadi daerah sasaran penurunan angka kemiskinan," kata Aris, ditemui di Lapangan Secang, Selasa (29/8/2023).

Baca juga: Banyak BPR Bangkrut di Jawa dan Bali, LPS Selamatkan Simpanan Nasabah

Peringatan 11 tahun UU Keistimewaan DIY dirayakan dengan 1.064 acara dan kegiatan tertentu yang telah dimulai sejak tanggal 11 Agustus 2023 sampai 11 September 2023 di DIY. Aris mengaku peringatan UU tersebut yang biasanya digelar di Kota Jogja khusus pada tanggal 31 Agustus 2023, tahun ini justru dirayakan di Kabupaten.

"Dan kabupaten yang kami pilih adalah Kabupaten Kulonprogo. Karena ya ada salah satu kapanewon yang masuk daerah miskin yaitu Pengasih," katanya.

Rangkaian kegiatan di Lapangan Secang, Sendangsari, Pengasih akan berlangsung sampai tanggal 31 Agustus 2023. Hari kedua akan ada Ketoprak Pujangkoro Budaya "Ande-ande Lumut" lalu hari ketiga masih akan ada bermacam pertunjukan.

Lebih jauh, dia mengaku Kalurahan Sendangsari telah mendapat BKK Danais untuk penataan ruang, rintisan kalurahan mandiri budaya, pertanahan yang mengarah pada pengamanan talud untuk tanah Sultan Ground (SG), dan lumbung mataraman. "BKK Danaisnya lebih dari Rp1,5 miliar. Hilirnya ya penurunan angka kemiskinan," ucapnya.

Menurut Aris, Kalurahan Sendangsari mendapat apresiasi dari beberapa kementerian terkait artikulasi aktivitas keistimewaan. Kementerian yang dia maksud antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian ATR/BPN, dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Sementara itu, Pj Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, mengatakan bahwa rangkaian acara tiga hari di Lapangan Secang diharapkan memberikan kebahagiaan masyarakat Kulonprogo. "Semoga memberi keberkahan juga kepada Kulonprogo dalam upaya nguri-uri budaya lokal," kata Made. (BC)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement