Advertisement

Kunjungi Harian Jogja, Murid SMA Pangudi Luhur Belajar Jurnalistik

Ujang Hasanudin
Kamis, 31 Agustus 2023 - 19:57 WIB
Ujang Hasanudin
Kunjungi Harian Jogja, Murid SMA Pangudi Luhur Belajar Jurnalistik Redaktur Harian Jogja, Galih Eko Kurniawan saat menjelaskan materi jurnalistik pada siswi SMA Pangudi Luhur di Harian Jogja, Kamis (31/8/2023)-Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Pangudi Luhur Jogja mengunjungi kantor Harian Jogja, Kamis (31/8/2023) siang. Kunjungan tersebut dalam rangka mempelajari jurnalistik, utamanya konten berita yang diproduksi Harian Jogja.

Mereka yang berkunjung ini adalah kelas X dan XI yang ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di sekolah. Kedatangan mereka diterima oleh Redaktur Harian Jogja, Galih Eko Kurniawan.

Advertisement

Galih menjelaskan soal jurnalistik, seperti proses pembuatan berita dan bagaimana tugas seorang jurnalis. Menurutnya tugas jurnalis saat ini dipermudah dengan perkembangan digital karena sumber informasi di dapatkan dari situ. “Tapi informasi tersebut harus dikroscek kembali ke sumber yang terpercaya baik melalui akun resmi atau narasumber langsung,” katanya.

Galih menekankan kepada jurnalis pemula untuk mempersiapkan daftar pertanyaan sebelum wawancara dengan narasumber. Data pertanyaan tersebut dapat membantu jurnalis dalam proses wawancara agar proses wawancara berjalan lancar. Selain itu penting juga mengetahui latar belakang dari narasumber yang akan diwawancarai.

Setelah mendapatkan informasi dari narasumber agar segera membuat beritanya jika berita tersebut terkait dengan peristiwa, kecuali berita feature atau indepth. Dalam memilih narasumber juga harus berkaitan peristiwa yang akan ditulis.   

Setelah selesai paparan dan proses tanya jawab, para siswi ini juga diajak langsung memasuki ruang redaksi. Mereka melihat proses editing berita, kemudian berlanjut ke penyuntingan gambar. Selain itu mereka berkesempatan untuk melihat langsung kantor Star Jogja, radionya Harian Jogja.

BACA JUGA:Belajar Jurnalistik, Humas Setwan DPRD DIY Kunjungi Harian Jogja

Guru Pembimbing Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Pangudi Luhur Jogja, Putu Ayu Palupi mengatakan kunjungan ke Harian Jogja bertujuan agar para siswanya bisa mengetahui langsung proses peroduksi berita baik cetak, online, maupun radio. “Hasil pembelajaran ini bisa menjadi bekal bagi para siswa dalam mengelola Majalah Pelita yang merupakan majalah sekolah,” katanya.

Majalah Pelita merupakan majalah sekolah yang sudah ada sejak 20 tahun lalu dan terbit setiap enam bulan sekali. Majalah tersebut selama ini dikelola oleh siswa, utamanya yang minat dalam dunia jurnalistik baik kelas X dan kelas XI. Setiap tahun jajaran redaksi majalah berganti sehingga butuh pembelajaran lagi soal jurnalistik.  

Menurutnya minat siswa SMA Pangudi Luhur Jogja untuk belajar jurnalistik cukup tinggi. Karena itu mereka perlu belajar langsung dengan para jurnalis maupun mengetahui langsung produksi berita dari kantor media massa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement