Advertisement

Menangkap Peluang, Memutus Kemiskinan

Media Digital
Rabu, 13 September 2023 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Menangkap Peluang, Memutus Kemiskinan Danang Maharsa. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa memberi motivasi pada anak muda Sleman yang menerima beasiswa untuk kuliah. Penerima beasiswa berasal dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Saya baru saja memberi motivasi kepada pemudapemudi Sleman penerima beasiswa kuliah di Universitas AMIKOM. Sebanyak 240 penerima beasiswa Sleman Pintar 54 penerima beasiswa dari AMIKOM mengikuti acara itu di ruang cinema yang megah," ujar Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Rabu (13/9/2023).

Advertisement

Hal utama yang dia sampaikan adalah agar mereka (para mahasiswa) menggunakan kesempatan studi dengan sebaik-baiknya.Kesempatan belajar di perguruan tinggi bukan hal yang mudah didapat.

Oleh karena itu, ketika kesempatan sudah didapat maka harus dipergunakan secara optimal agar memperoleh hasil yang baik. Oleh karena itu, lanjut Danang, pemuda dan pemudi Sleman yang memperoleh kesempatan kuliah wajib memanfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin.

"Kebetulan para penerima beasiswa penuh itu berasal dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Mereka memikul tanggung jawab lebih besar, yaitu kelak harus berhasil dalam hidup. Kelak harus mampu membangun keluarga yang lebih sejahtera dibanding keluarga orang tuanya. Syukur jika bisa sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan orang tua," katanya.

BACA JUGA: Jumlah Penerima Beasiswa Sleman Pintar Tahun Ini Bertambah

Pengalaman, lanjut Danang, mengajarkan bahwa sebuah peluang atau kesempatan tidak datang dua kali. Datangnya hanya satu kali; tinggal orang itu bisa menangkap dan memanfaatkannya atau tidak. Jadi patut disayangkan jika ada pemuda-pemudi yang jelas-jelas mengetahui ada peluang tetapi tidak sat-set gerak cepat untuk menangkap peluang.

"Saya apresiasi pemuda-pemudi Sleman yang sudah menangkap peluang yang ditawarkan Pemkab Sleman, dan sekarang menjadi mahasiswa Universitas AMIKOM. Selanjutnya saya minta mereka semua bersungguhsungguh belajar agar setelah lulus segera memperoleh pekerjaan," ujarnya.

Bersungguh-sungguh belajar artinya berupaya keras untuk memahami semua materi kuliah sehingga memperoleh nilai terbaik. Pada saat yang sama juga mengasah keterampilan agar menang dalam persaingan kerja.

"Di samping itu, jangan lupa untuk mengasah soft skill, yaitu keterampilan-keterampilan lain di luar mata kuliah. Termasuk dalam soft skill antara lain kemampuan berorganisasi, bekerja secara kelompok, berkomunikasi antar-personal, berbicara di hadapan khalayak, meyakinkan pihak lain, dan sebagainya," tuturnya.

Danang mengingatkan jika semua itu tidak diajarkan secara langsung dalam kuliah. Soft skill bisa diasah dalam berbagai kegiatan di kampus. Jadi saya harap mereka aktif mengikuti organisasi dan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan lainnya. Pengalaman menunjukkan bahwa soft skill sering menjadi penentu keberhasilan seseorang.

Misalnya ada dua karyawan sama-sama terampil mengerjakan tugas. Salah satunya enak diajak komunikasi, selalu menepati janji, dan tingkah lakunya juga menyenangkan. Sementara itu yang satu lagi memang sedikit lebih terampil tetapi banyak mengeluh, sering tidak tepat waktu, dan sikap perilakunya kadang kurang mempertimbangkan orang lain.

Tentu dalam hal seperti itu pimpinan akan lebih sering memberi kesempatan kepada pegawai pertama. "Saya ingin menegaskan bahwa program beasiswa kuliah dari Pemkab Sleman bukan sekedar memberi kesempatan kuliah saja. Ini adalah program untuk membantu anak KPM PKH untuk menempa diri agar kelak memperoleh pekerjaan dan penghasilan yang layak. Dengan penghasilan yang layak maka mereka bisa membangun keluarga yang sejahtera," kata Danang.

Oleh karena itu yang dipilih adalah program studi yang lulusannya mempunyai peluang kerja yang luas. "Untuk kondisi saat ini, di tengah revolusi industri 4.0 maka Prodi Teknik Informatika dan Prodi Manajemen Informasi menjadi pilihan," ucap Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Cek Jadwal Layanan SIM di Kota Jogja

Cek Jadwal Layanan SIM di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kualitas Udara Jakarta Selasa Pagi kembali Menempati Posisi Pertama Terburuk di Dunia

News
| Selasa, 18 Juni 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement