Advertisement

Rumah Produksi Gula Batu Terbakar, Segini Kerugiannya

Lugas Subarkah
Jum'at, 22 September 2023 - 09:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Rumah Produksi Gula Batu Terbakar, Segini Kerugiannya Petugas memadamkan api di rumah produksi gula batu, di Pendowoharjo, Sewon, Kamis (21/9/2023) malam. - ist Damkar Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebuah rumah produksi gula batu dan gula jawa di Bandung Ngaglik, RT 31, Kalurahan Pendowoharjo, Sewon, terbakar, pada Kamis (21/9/2023) malam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta.

Kabid Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Irawan Kurnianto, menjelaskan rumah produksi yang terbakar tersebut milik PT Sentral Gula Batu Joga. “Kejadian pukul 20.10 WIB, laporan masuk pukul 20:15 WIB,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (22/9/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Diduga Alami Korsleting, Daihatsu Grandmax di Jalan Pandanaran Sleman Terbakar

Berdasarkan pemeriksaan di lapangan, kebakaran ini disebabkan sisa bara api pembakaran produksi gula yang merambat ke tumpukan persedian kayu bakar, sehingga kemudian api membakar kayu bakar dan terus membesar.

Ia menuturkan kronologi kejadian ini bermula setelah produksi gula sekitar pukul 16:00 WIB, sisa bara produksi dikumpulkan dan dibuang di dekat tumpukan kayu bakar. “Api menyala dan merambat ke bangunan sebelah dengan luas keseluruhan 14 x 5 meter,” katanya.

Salah satu warga melihat dan kemudian melaporkan ke BPBD Bantul. Tim Pemadam Kebakaran tiba di lokasi pukul 20.28 WIB dan proses pemadaman yang juga dibantu warga sekitar membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Api berhasil dipadamkan pada pukul 21.00 WIB.

Adapun beberapa objek yang terbakar meliputi bangunan produksi ukuran 14 x 5 meter, gudang beserta tumpukan kayu dan peralatan produksi gula. “Korban jiwa maupun korban luka nihil. Kerugian materi diperkirakan Rp21 juta,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Helikopter Ditumpangi Presiden Iran Jatuh, Rusia Kirim Pesawat Canggih Bantu Pencarian

News
| Senin, 20 Mei 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement