Advertisement

Diserang Gerombolan Tawon, Warga Patuk Gunungkidul Dilarikan ke Rumah Sakit

David Kurniawan
Kamis, 28 September 2023 - 14:17 WIB
Ujang Hasanudin
Diserang Gerombolan Tawon, Warga Patuk Gunungkidul Dilarikan ke Rumah Sakit Tawon. - Ist/Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Nasib apes dialami Pariyah,50, asal Perdukuhan Bobung, Putat, Patuk. Ia harus dirawat di rumah sakit karena tersengat lebah atau tawon gung pada saat mencari rumput di ladang, Rabu (27/9/2023) siang.

Dukuh Bobung, Ari Iswanto mengatakan, hingga sekarang Pariyah masih dirawat di rumah sakit. Perawatan dilakukan karena menjadi korban sengatan tawon gung.

Advertisement

“Sekujur tubuhnya terkena sengatan. Beruntung kondisinya sudah mulai membaik,” katanya kepada wartawan, Kamis (28/9/2023).

Dia menjelaskan, peristiwa sengatan bermula saat korban mencari rumput untuk pakan ternak di ladang tak jauh dari rumahnya. Tiba-tiba hinggap seekor tawon gung di leher sehingga bereaksi untuk mengusirnya.

Nahasnya, pengusiran tersebut malah mendatangkan kawasan yang lebih banyak hingga akhirnya menyengat tubuh korban. Atas kejadian ini, Pariyah berteriak minta tolong hingga warga berdatangan ke lokasi.

“Warga menolong dengan mencabuti sengatan lebah ini. dikarenakan lebam-lebam akhirnya korban dibawa ke rumah sakit guna mendapatkan pertolongan lanjutan,” katanya.

Meski korban sudah dirawat, namun Ari mengakui sarang lebah masih ada sehingga membahayakan warga yang beraktivitas di area tersebut. Ia berharap sarang tersebut bisa segera ditangani sehingga tidak menggangu lagi.

“Kami juga mengimbau kepada warga untuk tidak mendekati lokasi selama sarang tawon belum ditangani. Takutnya, nanti ada kroban tambahan karena sengatan lebah ini,” katanya.

BACA JUGA: Disengat Tawon? Ini yang Harus Anda Lakukan

Salah seorang petugas Pemadam Kebakaran Gunungkidul, Jarwan mengaku belum mendapatkan informasi atau kabar terkait dengan peristiwa sengatan lebah di Patuk. Meski demikian, ia berharap kepada mayarakat untuk lebih berhati-hati pada saat beraktivitas guna menghindari risiko yang berbahaya.

“Harus berhati-hati dan waspada saat beraktivitas,” katanya.

Menurut dia, untuk mengamankan sarang lebah yang menyerang warga Bobung di Kalurahan Patuk siap melakukannya. “Tapi belum ada laporan. Kalau sudah masuk, kami siap mengeksekusinya. Meski malam-malam pasti akan kami tangani agar tidak membahayakan warga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement