Advertisement

Disdik Sleman Optimalkan Pencegahan Perundungan di Sekolah

Jumali
Jum'at, 29 September 2023 - 10:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Disdik Sleman Optimalkan Pencegahan Perundungan di Sekolah Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pendidikan Sleman (Disdik) Sleman terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya perudungan terhadap siswa di wilayahnya.

Selain telah menggelar deklarasi antiperudungan, Disdik Sleman juga mengoptimalkan sosialisasi kepada guru maupun orang tua dan siswa terkait pencegahan perudungan di satuan pendidikan.

Advertisement

"Kami sudah melakukan melakukan sosialisasi baik kepada guru maupun siswa bahkan ke orang tua untuk semua jenjang bahkan sudah deklarasi juga. Kita terus lakukan pembinaan dan sosialisasi bekerja sama dengan instansi terkait," kata Kepala Disdik Sleman Ery Widaryana, Jumat (29/9/2023).

BACA JUGA: Luhut Bantah Temuan Ombudsman Soal Relokasi Warga Pulau Rempang

Sejauh ini, lanjut Ery, belum ditemukan perudungan yang mengarah ke kekerasan fisik yang melibatkan antarpelajar di wilayahnya. Sebab, sejauh ini peran dari satgas pencegahan dan penanggulangan kekerasan di lingkungan  satuan pendidikan dinilainya cukup efektif mencegah terjadinya perudungan.

Meski demikian, Ery menyebut jika kinerja dari satgas ini perlu dioptimalkan untuk mencegah terjadinya perudungan. Oleh karena itu, Disdik telah menyampaikan edaran terkait satgas pencegahan dan penanggulangan kekerasan. "Kami terus upayakan, utamanya dalam hal pembinaan," papar Ery.

Deklarasi antiperudungan sendiri sejatinya telah digelar sejak tahun lalu. Dimana, saat itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melakukan penandatanganan deklarasi antiperundungan di SMP N 2 Pakem, Sabtu (24/9/2022). Penandatanganan ini menjadi salah satu langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menuju Kabupaten layak anak.

Deklarasi Anti Perundungan ini juga sejalan dengan komitmen Kabupaten Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak dalam upaya memenuhi hak-hak hidup anak di Kabupaten Sleman," ujarnya.

BACA JUGA: KPK Geledah Rumah Mentan, Begini Sosok Syahrul Yasin Limpo

Dia menyebut perundungan akan berdampak serius pada anak-anak, khususnya mental. Untuk meminimalisir perundungan diperlukan keterlibatan banyak pihak, sehingga memberi rasa aman dan nyaman.

Oleh karena itu, dia mengajak banyak pihak untuk turut berperan aktif dalam mencegah perundungan, dengan memperhatikan aktivitas anak di lingkungan masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Wacanakan Pembubaran Sejumlah Lembaga Negara, Demi Efisien Jalannya Pemerintahan

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement