Advertisement

Beri Kuliah Umum di Unisa, Ini Pesan Kapolri untuk Generasi Muda

Media Digital
Jum'at, 29 September 2023 - 21:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Beri Kuliah Umum di Unisa, Ini Pesan Kapolri untuk Generasi Muda Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat memberikan kuliah kebangsaan di Kampus Unisa Yogyakarta, Jumat (29/9/2023). (Harian Jogja - Jumali)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyatakan generasi muda memiliki peran besar untuk membangun bangsa Indonesia.

Sebanyak 2.500 mahasiwa baru Universitas Aisyiyah  (Unisa) Yogyakarta mengikuti Kuliah Kebangsaan di Convention Hall Masjid Walidah Dahlan, Jumat (29/9/2023) siang. Kuliah Kebangsaan untuk menyambut mahasiswa baru tahun akademik angkatan 2023/2024 itu menghadirkan Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai pembicara.

Advertisement

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam pemaparannya mengungkapkan mengenai perkembangan dan peran dari generasi muda dalam upaya pewujudan kemerdekaan. Selain itu, jenderal bintang empat itu juga memaparkan mengenai peran generasi muda dalam mempertahankan kemerdekaan.

"Untuk saat ini ada tantangan dan masalah  yang tidak mudah. Seusai pandemi Covid-19, saat ini kita fokus pemulihan perekonomian. Kita juga dihadapkan pada perang Rusia dan Ukraina  yang kini berdampak ke dunia. Sebab mereka adalah penghasil bahan yang penting, seperti gandum dan bahan pupuk. Ini yang akan menimbulkan krisis energi dan pangan," kata Kapolri.

Sementara tantangan tidak kalah berat, kata Kapolri juga dihadapi dalam negeri. Saat ini Indoensia dihadapkan kepada peningkatan harga bahan pokok, fenomena super ElNino, banjir besar, kebakaran dan kekeringan.

"Ini tentu jadi masalah bersama. Sehinga negara juga harus mengatur produksinya untuk bisa mempertahankan produksinya masing-masing," papar Kapolri.

Di sisi lain, saat ini Indonesia juga dihadapkan potensi tantangan ke depan yang sulit.  Menurut Kapolri dengan kondisi geopolitik yang memanas, penerintah harus menbuat rencana kerja.

"Pemerintah saat ini juga harus jalankan  KPI mengenai pengelolaan anggaran dan mengawal investasi. Dan, Alhamdulillah Indonesia saat ini diperingkat ketiga di G20, dibawah china dan india. Tentu ini adalah pekerjaan rumah kita untuk terus kita jaga," jelas Kapolri.

Kepada mahasiswa Unisa, Kapolri meminta agar mampu menjadi sumber daya manusia yang unggul. Mahasiswa Unisa disebutnya harus menguasai iptek dan ketrampilan teknis. "Juga harus memiliki mentalitas dan katakter dan kesehatan jasmani," ucao Kapolri.

Kapolri juga mengingatkan kepada mahasiswa Unisa terkait tantangan ke depan. Mahasiwa Unisa harus menjauhi penyalahgunaan narkoba, intoleransi, radikalisme dan terorisme. "Juga mengenai keberadaan terorisme yang bergabung dengan narkoba. Ini harus diwaspadai," kata Kapolri.

Sementara terkait dengan Pemilu 2024, Kapolri meminta kepada mahasiswa untuk menggunakan hak pilihnya. Meski diakui Kapolri, Pemilu 2024 lebih berat daripada Pemilu 2019.

"Dari yang sebelumnya digelar di 34 provinsi , kali ini digelar di 38 provinsi. Jangan sampai masalah yang dihadapi beberapa negara soal terjadinya polarisasi terjadi dan menyebabkan negara sengsara," ucap Kapolri.

Rektor Unisa Yogyakarta Warsiti, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat mengaucapkan terima kasih yang mendalam atas kehadiran Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Adapun kegiatan kuliah kebangsaan yang digelar pihaknya kali ini bertujuan mewujudkan mahasiswa baru agar lebih cinta Tanah Air.  "Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh 2.500 mahasiwa baru," katanya dalam sambutannya.

Selain itu, pihaknya sengaja menggelar kuliah kebangsaan di Convention Hall Masjid Walidah Dahlan dengan harapan agar keberadaan tempat tersebut menjadi pusat pendidikan karakter mahasiswa Unisa.

"Keberadaan tempat ini juga penting dalam upaya menjadikan tempat ini sebagai pusat pencerahan dan pemberdayaan masyarakat," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerjasama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement