Advertisement

Jogja Spoor Festival Jadi Daya Tarik Wisata Perkeretaapian

Ujang Hasanudin
Sabtu, 30 September 2023 - 10:47 WIB
Ujang Hasanudin
Jogja Spoor Festival Jadi Daya Tarik Wisata Perkeretaapian kegiatan Jogja Spoor Festival 2023 yang diselenggarakan di Balai Yasa Yogyakarta selama tiga hari, 29 September 2023 sampai 1 Oktober 2023. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-78 KA pada 28 September 2023 serta World Tourism Day pada 27 September 2023, KAI melalui Balai Yasa Yogyakarta berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Yogyakarta menyelenggarakan event Jogja Spoor Festival (JSF) 2023.

Kegiatan diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2023 serta dipusatkan di dalam area Balai Yasa Yogyakarta dan di sepanjang Jl. Kusbini, Jogja.

Advertisement

Penyelenggaraan event ini dilatarbelakangi oleh kesuksesan event Open House Balai Yasa Yogyakarta yang pernah diselenggarakan tahun 2022 lalu yang mendapatkan animo yang sangat tinggi dari masyarakat.

Open House Balai Yasa sendiri merupakan event yang bertujuan mengedukasi masyarakat terkait proses perawatan lokomotif, kereta dan gerbong yang ada di berbagai Balai Yasa milik KAI. Tahun 2023 ini kegiatan Open House Balai Yasa diadakan di di sejumlah Balai Yasa yang dimiliki KAI yaitu Balai Yasa Manggarai, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Lahat.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan KAI mengajak masyarakat untuk dapat melihat langsung seluk-beluk Balai Yasa Kereta Api yang selama ini jarang diakses oleh masyarakat umum. Open House Balai Yasa bertujuan untuk memberikan wadah berinteraksi langsung antara masyarakat dan Balai Yasa Kereta Api.

“Open House Balai Yasa ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 KAI yang diperingati pada 28 September dengan tema Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju. Kali ini KAI merayakan ulang tahunnya bersama-sama masyarakat melalui kegiatan Open House Balai Yasa,” kata Didiek melalui siaran tertulisnya Jumat (29/9/2023)

BACA JUGA: Hore! KAI Jual 73.500 Tiket Murah Mulai dari Rp50.000, Begini Cara Mendapatkannya

KAI ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa layanan KAI tidak hanya berada di lingkungan stasiun, tapi KAI juga memiliki bengkel kereta api yang modern yaitu Balai Yasa. Balai Yasa berperan dalam merawat sarana guna memastikan keselamatan dan kenyamanan pelanggan.

Balai Yasa memiliki tugas untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian periode 2 tahunan dan 4 tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks. Sarana yang dimaksud yaitu lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas-fasilitas sarana lainnya. Sedangkan untuk perawatan rutin seperti harian, 6 bulanan, dan 1 tahunan dengan tingkat kerusakan sarana ringan dilakukan di Depo.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan Open House Balai Yasa ini agar lebih mengenal dan memahami proses perawatan sarana kereta api. Dengan demikian, masyarakat akan semakin mencintai dan terus menggunakan kereta api sebagai transportasi pilihan saat bepergian,” ungkap Didiek.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo mengatakan bahwa berawal dari semangat penyelenggaraan tahun lalu, kemudian Open House Balai Yasa di Yogyakarta dikemas dengan Jogja Spoor Festival 2023 yang menggunakan konsep edukasi tentang perkeretaapian,”Dengan JSF ini diharapkan dapat menjadi salah satu destinasi unggulan pariwisata yang berkelanjutan secara rutin tahunan karena memiliki keunikan tersendiri,” ujarnya.

JSF 2023 menghadirkan beberapa kegiatan menarik seperti Wisata Edukasi Perkeretaapian meliputi Wahana Tour KRD/E/I, Wahana Workshop Tour, Heritage Documentary, Diorama Kereta Api, Sosialisasi Perkeretaapian.

Kemudian event juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan menggunakan Rail Clinic, pemberian wawasan pengembangan perkeretaapian nasional, Lomba Melukis dan Mewarnai, Bazaar UMKM, Live Music, photo booth, dan Kids Playground. Pentas seni dan budaya juga ditampilkan oleh para seniman binaan Dinas Pariwisata Yogyakarta. Hal ini sebagai wujud dukungan dan kolaborasi untuk pelestarian seni dan budaya daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement