Advertisement

FKKMK UGM Gelar Alumni Berbagi dan Luncurkan Career Development Center

Catur Dwi Janati
Minggu, 01 Oktober 2023 - 04:57 WIB
Sunartono
FKKMK UGM Gelar Alumni Berbagi dan Luncurkan Career Development Center

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menggelar Meridian Alumni Berbagi. Kegiatan ini diharapkan dapat membagi pengalaman dan pengetahuan para alumni yang dapat dijadikan rujukan meniti karir para lulusan FKKMK UGM.

Ketua Panitia Meridian 2023, Riani Witaningrum menjelaskan Alumni Berbagi tahun ini mengusung tema Empowering Healthcare Professionals: A Journey to Purpose, Resilience and Impact. Tema itu dipilih merujuk bagaimana tenaga kesehatan bisa memiliki tujuan yang sama dan mengupayakan tujuan itu agar berdampak bagi kemaslahatan masyarakat. "Terutama pada bidang kesehatan secara umum di Indonesia," ungkapnya pada Sabtu (30/9/2023) di Auditorium FKKMK UGM.

Advertisement

BACA JUGA : Kejagung Dalami Keterlibatan Menteri Dito Ariotedjo di Kasus Korupsi BTS Kominfo

Alumni Berbagi sudah digelar sejak tahun 2017 dan selanjutnya rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatan ini berada di bawah Unit Alumni bekerja sama dengan KAGAMA Kedokteran dan organisasi mahasiswa di FKKMK UGM. Alumni Berbagi tahun ini juga sekaligus menjadi momen peluncuran Career Development Center untuk alumni.

Kegiatan Alumni Berbagi mendatangkan alumni-alumni fakultas dari bidang keilmuan kedokteran, keperawatan, maupun gizi. Para alumni yang hadir selanjutnya berbagi pengalaman, masukan, saran, maupun memberi wawasan bagi mahasiswa mengenai target karir secara tepat. Acara ini terbuka bagi mahasiswa, lulusan FKKMK UGM juga untuk umum.

"Dengan harapan nanti narasumber dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pencapaian karir di bidang masing-masing," katanya.

Wakil Dekan Bidang Kerja Sama, Alumni dan Pengabdian Kepada Masyarakat FKKMK UGM, Sudadi menambahkan hal yang mendasari digelarnya Alumni Berbagi adalah kegamangan dari sejumlah mahasiwa pasca lulus. "Sehingga muncul ide Alumni Berbagi, untuk memberikan gambaran setelah lulus itu seperti apa," ujarnya.

Karenanya para alumni didatangkan untuk berbagi pengalaman serta beragam peluang pasca mahasiswa rampung studi. "Semoga nanti dari para pembimbing bisa memberikan masukan-masukan dan tentunya ini akan berguna bagi kelanjutan karir dari para alumni," ujarnya.

Sudadi berharap berbagai pengetahuan yang terbagi tidak hanya berhenti dalam kegiatan ini. "Semoga acara hari ini tidak hanya berhenti untuk berbagai pengalaman. Dari unit alumni sudah ada mentoring untuk karir juga sebetulnya dan ini adalah suatu kelanjutan yang terus menerus kita jalankan," tegasnya.

Career Development Center yang diluncurkan memuat program-program softskills seperti pelatihan mempresentasikan diri baik melalui media konvensional, maupun menggunakan teknologi seperti video dan media sosial. Softskills untuk meningkatkan kualitas lulusan juga sudah masuk sebagai mata kuliah seperti professional behaviour (PB), community and family health care (CFHC) dan kuliah kerja nyata (KKN). Ia berharap dengan adanya CDC program-program ini akan lebih terintegrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gerindra Usul 4 Kader Jadi Kandidat Cagub DKI Jakarta, 2 di Antaranya Keponakan Prabowo

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Penginapan Jepang Punya Promo Murah Menginap Per Malam Hanya Rp10 Ribu, Ini Syaratnya

Wisata
| Rabu, 08 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement