Advertisement

Pembangunan Hanggar TPST Tamanmartani Dikebut, Peralatan Pengolah Sampah Bakal Mulai Didatangkan

Catur Dwi Janati
Selasa, 03 Oktober 2023 - 20:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pembangunan Hanggar TPST Tamanmartani Dikebut, Peralatan Pengolah Sampah Bakal Mulai Didatangkan Sampah / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan TPST Tamanmartani terus dikebut. Pada Oktober ini, pembangunan hanggar terus dikerjakan dan peralatan pengolah sampah direncanakan mulai didatangkan. 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Epiphana Kristiyani menerangkan pembangunan TPST Tamanmartani telah memasuki tahap pembangunan kuda-kuda pada hanggar. Konstruksi ini kerap digunakan pada bangunan untuk menyangga beban atap sekaligus berat rangkanya sendiri. 
"Pembangunan hanggar. Hanggar itu sekarang sudah mulai pemasangan kuda-kuda," terangnya dikutip pada Selasa (3/10/2023).
Bangunan hanggar ini lah yang nantinya akan memuat berbagai peralatan untuk mengelola sampah yang masuk ke TPST. "Kami nanti membangun hanggar, tempat untuk mengolah sampahnya. Ya kami mulai sekarang," jelasnya. 
Selain pemasangan kuda-kuda, pekan ini Epi berharap pengerjaan tembok TPST bisa diselesaikan. Selain itu Epi juga berharap peralatan-peralatan pengelolaan sampah bisa mulai dikirim awal Oktober ini. "Peralatan sudah mulai akan kita datangkan," tegasnya. 
"Kalau sudah [datang alatnya] harapannya nanti akan siap nanti. November itu untuk commisioning, artinya untuk uji coba lah. Karena kita kan belum pernah punya pengalaman mengelola TPST. Jadi mudah-mudahan kedepan lancar lah," tandasnya.  

Diterangkan Epi sebelumnya, bila TPST Tamanmartani nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas pengelolaan sampah. Salah satunya fasilitas pos timbang. Pos ini akan menimbang volume sampah yang masuk ke TPST setiap harinya. 

"Tempat penimbangan atau pos timbang, kemudian untuk area loading, kemudian tempat pemilahan," kata dia.

Advertisement

 Selanjutnya di fasilitas tempat pilah, sampah akan disortir berdasarkan jenisnya. TPST Tamanmartani juga akan dilengkapi dengan incinerator yang digunakan untuk membakar limbah. 

Tak hanya itu, mesin komposter juga disiapkan dalam rancangan TPST Tamanmartani. Alat ini akan mengelola sampah organik menjadi kompos. "Karena nanti yang [sampah] organik nanti akan dibuat kompos," imbuhnya. 

Di sisi lain, TPST Tamanmartani lanjut Epi juga bakal dilengkapi dengan tempat pengepresan dan tempat penyimpanan kompos. Tak lupa, instalasi  pengolah limbah juga akan dipasang di TPST Tamanmartani. "Instalasi pengolah limbah, karena nanti dipres, organik itu kan pasti ada lindinya ya," terangnya. 

Jika sampah organik akan diproses menjadi kompos, beda halnya dengan sampah anorganik bakal diolah menjadi conblock. Epi mengungkapkan sampah-sampah anorganik yang masuk TPST Tamanmartani nantinya akan dipres menjadi conblock bermaterialkan plastik. 

"Jadi begitu datang nanti dipilah, kalau sudah terpilah nanti yang organik dibuat kompos. Kemudian yang anorganik akan dibuat conblock. Sampai kalau masih ada residu dibakar, sehingga nanti harapannya TPST itu zero waste," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gubenur Maluku Utara Non Aktif Abdul Ghani Didakwa Terima GratifikasiRp99,8 Miliar

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement