Advertisement

Bersepeda 100 Kilometer, Jogja PlesiRide 2023 Diikuti 700 Orang

Media Digital
Minggu, 22 Oktober 2023 - 06:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Bersepeda 100 Kilometer, Jogja PlesiRide 2023 Diikuti 700 Orang Gelaran Jogja Plesiride yang dimulai di Balaikota Jogja dengan dibuka Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo (paling kanan) pada Sabtu (21/10/2023). Triyo Handoko - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Gelaran Jogja PlesiRide 2023 diikuti 700 orang. Para peserta bersepeda menempuh jarak sejauh 100 kilometer dimulai di Balaikota Jogja, Sabtu (21/10/2023). Gelaran bersepeda mengelilingi DIY itu mengikuti rute Candi Prambanan, Desa Wisata Brayut, hingga Tugu Jogja itu dibuka oleh Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo.

Singgih mendukung gelaran bersepeda ini lantaran mengungkit potensi sport tourism di DIY. “Berbagai potensi pariwisata DIY dari keindahan alamnya, keragaman budayanya, hingga kekayaan kulinernya akan ditemui di sepanjang jalur bersepeda ini. Ini sangat mendukung pariwisata DIY,” jelas saat membuka gelaran itu.

Advertisement

BACA JUGA: Hadiri Indonesia Memanggil Gibran di Tugu Proklamasi, Gibran: Tunggu Kejutan Berikutnya

Jogja Plesiride, jelas Singgih, patut jadi percontohan kegiatan wisata bersepeda di DIY. “Kemampuan untuk mengundang berbagai peserta bersepeda dari berbagai daerah ini juga jadi contoh baik promosi wisata bersepeda,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY itu.

Singgih berharap kegiatan itu dapat terus dilakukan secara rutin minimal tiap tahun sekali. “Ada banyak komunitas sepeda di Jogja ini bisa dikolaborasikan bersama agar makin meningkatkan kepesertaan dan kemeriahannya,” tuturnya.

Ketua panitia Jogja Plesiride, Vidi Syukri Akbar menyebut even tersebut merupakan yang kedua kalinya digelar. Even pertama kali diselenggarakan pada 2022 lalu. “Gelaran ini diselenggarakan Ikatan Alumni ITB Jogja, tapi pesertanya umum. Orientasinya memang bukan kompetisi tapi hanya sepeda bergembira saja,” ungkapnya.

Vidi menjelaskan gelarannya ini cukup menguatkan pariwisata di Jogja. “Kebanyakn peserta dari luar Jogja, mereka tertarik karena potensi alam dan budaya yang kaya di DIY lewat bersepeda ini. Jadi selain sehat dengan bersepeda juga dapat liburan dengan suasana-suasana pedesaan yang menyegarkan,” tuturnya.

Peserta yang kebanyakan dari luar Jogja itu, lanjut Vidi, membuat industri perhotelan mendapat untung. “Kami cek seluruh hotel di sekitar Balaikota dan Tugu penuh semua karena gelaran ini, ada ratusan orang luar Jogja berkunjung karena acara ini,” paparnya.

Vidi berharap dapat konsisten menjalankan gelaran ini tiap tahunnya. “Dengan dukungan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah, komunitas sepeda, dan lainnya tentu ini menyemangati kami untuk terus konsisten dan dapat terus meningkatkan kemeriahannya,” katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Jogjapolitan | 30 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement