Advertisement

Ratusan Lampu Penerangan Jalan Dipasang di Titik Rawan Kulonprogo

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 02 November 2023 - 08:27 WIB
Sunartono
Ratusan Lampu Penerangan Jalan Dipasang di Titik Rawan Kulonprogo Ilustrasi perawatan LPJU - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo selesai membangun puluhan lampu penerangan jalan umum (LPJU). LPJU yang tersebar di dua belas kecamatan tersebut menjadi salah satu upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Saat ini, Dishub sedang merencanakan pembangunan LPJU di ratusan titik untuk tahun 2024.

Kepala UPT Pengelolaan Penerangan Jalan Umum Dishub Kulonprogo, Iswanta mengatakan pemasangan LPJU sebanyak 60 titik yang tersebar di seluruh kapanewon dengan nilai sekitar Rp900 juta.

Advertisement

“LPJU merupakan salah satu bagian dari prasarana jalan yang penting. Di tahun 2023 ini UPT telah membangun 60 titik LPJU di Kulopprogo yang tersebar di dua belas kapanewon,” kata Iswanta dihubungi, Rabu (1/11/2023).

Rincian persebaran lokasi pembangunan LPJU tersebut antara lain di Perumahan Relokasi Glagah; Balai Kalurahan Temon Kulon; Balai Kalurahan Ngestiharjo; SD Mangunan Bendungan; Koramil Panjatan; Perempatan Gereja Depok Panjatan; Ponpes Al Manar Muhammadiyah; Jalan Kranggan --Pulopete; Wonolopo Gulurejo Lendah; Srikayangan; SDN Asem Cilik Tuksono; Kembang Margosari, Sekitar Balai Benih Ikan, Kriyan Hargorejo; SD Kemukus Tanjungharjo; Simpang Ngori – Pelemdukuh; Munggang Wetan-Glambur; Simpang Tiga Watumurah; Giripurwo – Gendu, dan Jalan Kalibawang -- Sentul.

Dia menerangkan pembangunan LPJU masih dilakukan sampai bulan Desember 2023 melalui APBD Perubahan. Jumlahnya mencapai 56 unit dengan nilai pembangunan sebesar sekitar Rp850 juta. “Pertengahan Desember 2023 sudah harus selesai, yang membangun pihak ketiga. Sekarang baru proses perencanaan. Pengadaannya melalui katalog,” katanya.

Iswanta mengaku tidak semua kapanewon menjadi sasaran pembangunan LPJU. Sebanyak 56 unit LPJU hanya disebar ke delapan kapanewon. Dia mengaku pemilihan lokasi sasaran berdasarkan aspirasi dewan.

“Wilayah yang tidak mendapat itu ada di Kalibawang, Samigaluh, Temon, dan Panjatan. APBD Perubahan ini memang kebanyakan berdasarkan aspirasi dewan. Beda dengan APBD Murni yang merupakan kompilasi,” ucapnya.

Dishub Kulonprogo akan membanguan LPJU yang lebih banyak pada tahun 2024. Setidaknya ada 200 titik yang akan dibangun LJPU dengan nilai anggaran mencapai sekitar Rp3 miliar.

“Lampu yang kami gunakan kebanyakan LED 90 watt. Tiangnya 9 meteran. LED ini memang ada garansi bisa sampai lima tahun,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bea Cukai Banyak Masalah, Presiden Jokowi Akan Gelar Rapat Evaluasi Kinerja

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement