Advertisement

Kasus Mafia Tanah Kas Desa, Giliran Kantor PT JEW Digeledah Kejati DIY, Ini Hasilnya

Triyo Handoko
Selasa, 14 November 2023 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Kasus Mafia Tanah Kas Desa, Giliran Kantor PT JEW Digeledah Kejati DIY, Ini Hasilnya Personel Kejati DIY menggelah kantor PT. Jogja Eco Wisata (JEW) pada Selasa (14/11/2023). - Istimewa/Kejati DIY

Advertisement

Harianjogja, JOGJA—Penggeledahan dilakukan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY di kantor PT. Jogja Eco Wisata (JEW) pada Selasa (14/11/2023).

Advertisement

Penggeledahan itu dilakukan untuk mencari bukti penyalahgunaan tanah kas desa di Kalurahan Candibinangun, Kapanewon Pakem.

Pemilik PT. JEW adalah Robinson Saalino yang kini sudah diputus Pengadilan Tipikor Jogja bersalah atas pemanfaatan tanah kas desa di Caturtunggal. “Penggeledahan di PT. JEW tindak lanjut dari penggeledahan di kantor Kalurahan Candibinangun kemarin,” jelas Kasi Penerangan Hukum Kejati DIY, Herwatan pada Selasa sore.

Herwatan menjelaskan penggeledahan dilakukan oleh tim yang sama dengan penggeledahan di Kalurahan Candibinangun kemarin. “Penggeledahan dilakukan selama lima jam dari pukul 09.00 WIB-14.00 WIB,” katanya.

Penggeledahan selama lima jam itu menyasar ruang kerja manajer, humas, dan gudang kantor PT. JEW itu. “Kami menyita lebih dari satu perangkat elektronik yang bisa dijadikan alat bukti kasus ini,” ujar Herwatan.

BACA JUGA: Kejati DIY Segera Umumkan Tersangka Baru Mafia Tanah Kas Desa Candibinangun

Selain alat elektronik, Kejati DIY juga menyita satu boks berisi dokumen. “Alat elektroniknya jenis apa, dan dokumennya apa belum bisa kami sampaikan. Yang jelas bisa jadi bukti,” tegasnya.

Sebelum menggeledah, lanjut Herwatan, Kejati DIY sudah memeriksa empat orang dari PT. JEW. “Semuanya karyawan di sana, proses yang ada berjalan lancar semua,” ungkapnya.

Terkait dengan nilai kerugian negara atas kasus di Candibinangun itu, Herwatan menyebut masih mencoba mengupulkan bukti-bukti terlebih dahulu. “Nanti pasti ada perhitunganya, kami fokus ke bukti-bukti dulu. Nanti pasti akan melibatkan Inspektorat, ahli digital forensik, dan lainnya,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bobby Gabung Gerindra, Jokowi: Dia Sudah Dewasa dan Mandiri

News
| Selasa, 21 Mei 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement