Advertisement

5 Pertunjukan Musik Jogja yang Paling Ditunggu-tunggu

Abdul Hamied Razak
Kamis, 16 November 2023 - 19:37 WIB
Abdul Hamied Razak
5 Pertunjukan Musik Jogja yang Paling Ditunggu-tunggu Ngayogjazz 2022 di Cibuk Kidul, Seyegan, Sleman, Sabtu (19/11 - 2022). / Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Even musik di Jogja seperti tak habis-habisnya dibahas. Selain menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan favorit wisatawan, Jogja juga sering menjadi tuan rumah beragam festival serta acara seni dan budaya.

Ada banyak festival musik yang digelar di Jogja baik yang gaungnya sudah bertaraf nasional hingga internasional. Kehadirannya bahkan ditunggu-tunggu banyak kalangan. Hal ini terjadi karena kreatifitas dan inovasi yang dilakukan oleh para penyelenggara.

Advertisement

BACA JUGA: Dimeriahkan 40 Grup Musik, Ngayogjazz #17, Digelar Sabtu Besok di Gancahan

Mereka mampu mengemas even-even bergensi tersebut dengan apik dan tidak membosankan. Apa saja festival musik yang selalu ditunggu-tunggu khalayak? Berikut lima festival musik di Jogja yang penyelenggaraannya selalu dinanti masyarakat.

1. Ngayogjazz

Even ini pertama kali muncul pada tahun 2007. Cikal bakanya bermula dari gelaran kecil Jazz Mben Senen yang digelar di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja. Padepokan milik seorang seniman besar nan legendaris ini menjadi tonggak lahirnya event pertama Ngayogjazz di dusun Kembaran, Kasihan, Bantul.

Even pertama Ngayogjazz mampu mengundang artis papan atas Trie Utami, Syaharani, Viky Sianipar, serta Iga Mawarni. Benih-benih kesuksesan even komunitas ini terus berlanjut dari tahun ke tahun hingga tumbuh semakin besar.

Tahun 2009 misalnya, menjadi momentum kehadiran musisi jazz luar negeri. Saat itu Harri Stojka dan Claudius Jelinek dari Austria bergabung. Termasuk Albert Yap dan Basgroove 100 dari Malaysia.

Sayangnya, kesuksesan Ngayogjazz terhenti pada tahun 2010. Even ini tidak dilaksanakan karena aktivitas erupsi gunung Merapi. Tahun 2011, komunitas bangkit dengan menggelar dua kali Ngayogjazz yakni bulan Januari di Pelataran Joko Pekik dan bulan November di Kotagede.

Dari masa ke masa, Ngayogjazz selalu berhasil mendatangkan bintang tamu yang mengesankan. Gelaran Ngayogjazz 2022 terasa sedikit berbeda sepeninggal salah satu penggagasnya, Djaduk Ferianto.

Nah, pada Sabtu 18 November 2023 menjadi even lanjutan Ngayogjazz. Even ini diharapkan mampu melepas dahaga setelah hampir satu tahun masyarakat hidup dengan suasana kemarau panjang. Gelaran Ngayogjazz akan dilaksanakan di Gancahan, Sidomulyo, Godean, Sleman.

Pemilihan desa-desa di Yogyakarta sebagai titik pelaksanaannya menyiratkan pesan jelas, bahwa jazz juga bisa dinikmati semua kalangan, dan dekat dengan masyarakat.


2. Swara Prambanan

Event yang akan menjadi sarana hiburan masyarakat Jogja pada malam tahun baru, 31 Desember mendatang, Swara Prambanan juga menjadi konser musik yang paling ditunggu-tunggu masyarakat. Lokasinya berada di Candi Prambanan yang sengaja disiapkan untuk menyambut ribuan wisatawan dengan sebuah event spesial tepat di senja terakhir tahun ini.

Event bertajuk Swara Prambanan akan menyajikan hiburan yang mengkolaborasikan musik, seni dan budaya. Sheila On 7, Shaggydog, Ndarboy Genk, Jikustik, dan Kunto Aji terkonfirmasi menjadi pengisi acara di event persembahan PT Taman Wisata Candi (TWC) itu.

TWC bekerjasama dengan Golive Indonesia dan Antara Suara sebagai promotor, Swara Prambanan menjamin pengalaman tak terlupakan di malam tahun baru nanti. Selain menggandeng musisi Jogja, gelaran ini juga menggandeng seniman dan komunitas lain di Jogja.

Meski masih lama digelar, rupanya penjualan tiket sudah dibuka sejak 10 November 2023 dan sebagian besar sudah sold out.


3. Jogjarockarta

Siapa yang belum tahu Festival musik Jogjarockarta ini? Meskipun gelaran Jogjarockarta untuk tahun ini, yakni 30 September lalu sudah usai, namun gaungnya masih akan terngiang hingga tahun depan.

Ini merupakan festival yang paling ditunggu oleh penggemar musik rock tanah air. Pada festival sebelumnya, Rajawali Indonesia selaku promotor acara ini, mampu menampilkan band-band luar negeri yang banyak menginspirasi band atau musisi tanah air.

Tak tanggung-tanggung, dengan harga tiket yang tidak terlalu mahal, festival ini mampu menampilkan band-band seperti Megadeath, Dream Theather, Scorpions dan masih banyak lagi.

Pada tahun ini, Jogjarockarta kembali dimeriahkan oleh band trash metal asal Brazil yang sudah tidak asing lagi didengar oleh pecinta musik tanah air, Sepultura.

Sepultura, band yang sudah lumayan sering tampil di Indonesia sejak 1992 pun turun menjadi penutup Jogjarockarta. Mereka membawakan lagu-lagu dari album Quadara.


4. Wildground Fest

Wildground Fest juga menjadi konser musik yang tak kalah ditunggu-runggu khalayak. Pada event tahun 2023, Wildground Fest yang digagas oleh brand clothing asal Jogja bernama Starcross, digelar selama 2 hari, 11 & 12 November 2023, di area Candi Prambanan memberikan banyak keseruan bagi penontonnya.

Apalagi tahun ini, Wildground Fest menghadirkan banyak artis tenama baik dalam maupun luar negeri. Mulai dari Saosin, Between You And Me, Noh Salleh, Forests, Rocket Rockers, White Chorus, Bangkutaman, Ali, Rumahsakit, Eva Celia, Polyester Embassy, FSTVLST, Captain Jack, Sophie, DPMB X Serigala Malam, Dubyouth, dan sebagainya.

Selain panggung musik, penonton juga disuguhi beragam aktivitas lain yang bisa diikuti untuk menambah keseruan dan kegembiraan. Misalnya, Live podcast, skate games, workshop, stand up comedy, f&b market, juga photography & street art exhibition.

5. Keroncong Kotagede

Pasar Keroncong Kotagede, tahun 2023 ini merupakan kali ke 8 pertunjukan musik keroncong ini diadakan. Tepatnya pada Sabtu 14 Oktober lalu. Pada festival musik ini, terdapat tiga panggung Panggung Sopingen, Panggung Kanthil dan Panggung Kajengan, yang diharapkan menjadi ajang pemuas hasrat bagi pelaku maupun penikmat keroncong.

Tak tanggung, terdapat 13 Orkes Keroncong yang terlibat. Mereka terdiri dari Paksi Band, Sandios Pendhoza, Ardha Tatu Ft OK Sariwangi, Tyok Satrio (X Factor 2021) Ft OK Joharini, Horockoncong, Korekayu, Siter Sister, OK Kolaborasa, OK Sarlegi, OK SMM Yogyakarta, OK Miraswara, OK Dian Laras Ft Atin, OK Konco Kroncong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement