Advertisement

Baznas Jogja Galang Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Alfi Annisa Karin
Selasa, 21 November 2023 - 06:27 WIB
Sunartono
Baznas Jogja Galang Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Bendera Palestina - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jogja melakukan penggalangan dana untuk membantu korban peperangan di Palestina. Sekretaris Baznas Kota Jogja Misbahrudin menuturkan hingga saat ini dana yang telah terkumpul hampir menyentuh Rp 200 juta, tepatnya adalah Rp198 juta.

Dana bantuan ini dihimpun dari masyarakat secara umum. Penggalangan dana juga turut dilakukan di sekolah-sekolah serta dibantu oleh para relawan mahasiswa. Meliputi 11 SD dan 11 SMP, kelompok mahasiwa, beberapa bank, dan 35 takmir masjid. Dia menyebut dana sebesar Rp 100 juta telah dikirim melalui Baznas RI.

Advertisement

BACA JUGA : Jokowi Tegaskan Lagi Indonesia Dukung Perjuangan Palestina

"Kemudian dalam pekan ini insya Allah tahap dua akan segera kita kirim dari yang sudah terkumpul itu," ujarnya, Senin (20/11/2023).

Bantuan dana ini, lanjutnya, mulai gencar dikumpulkan sejak agresi Israel ke Paletina terjadi. Saat ditanya sampai kapan penggalangan dana akan dilakukan, Misbahrudin mengaku akan terus melihat perkembangan.

Menurutnya, penggalangan dana bantuan infak dan sedekah ini merupakan wujud kepedulian warga Jogja terhadap aspek kemanusiaan. Dengan berdasar pada Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 pihaknya mengajak masyarakat untuk turut mengulurkan tangan. Diniatkan atas nama zakat, infak, sedekah. Bantuan juga diharapkan bisa diserahkan melalui amil resmi. Baik Baznas maupun LAZ yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah.

"Karena dulu disinyalir pernah ada kasus, misal yang ilegal itu. Maka, kita mengajak untuk menyalurkan melalui amil resmi salah satunya Baznas Kota Jogja," ujarnya.

BACA JUGA : Israel Meragukan Jumlah Korban Tewas di Gaza

Selain menggalang dana, Baznas Jogja juga turut menginisiasi salat ghaib. Sejauh ini salat gaib untuk warga Palestina telah dilaksanakan oleh internal Pemkot Jogja dan 12 SDN di lingkup Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ShariaCoin Luncurkan Tabungan Emas Syariah Pertama di Indonesia, Ini Keunggulannya

News
| Selasa, 21 Mei 2024, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement