Advertisement

Bakesbangpol Sleman Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024

Media Digital
Selasa, 21 November 2023 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Bakesbangpol Sleman Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 Suasana deklarasi kampanye Pemilu damai yang digelar di The Rich Hotel pada Selasa (21/11/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sleman menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024. Deklarasi ini diikuti seluruh partai politik peserta Pemilu dan Forkopimda di Kabupaten Sleman.

Sekretaris Bakesbangpol Sleman, Indra Darmawan menuturkan bila penyelenggaraan Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan menentukan perjalanan bangsa lima tahun kedepan. Sementara sebentar lagi tahapan kampanye akan segera bergulir. "Jadwal dan tahapan pemilu 2024 telah ditetapkan, dalam waktu satu minggu lagi sudah memasuki tahapan kampanye," kata Indra, Selasa (21/11/2023).

Advertisement

Dalam tahapan kampanye ini, Indra menilai perlu adanya langkah antisipasi terhadap berbagai kerawanan yang ditimbulkan. Guna mewujudkan pelaksanaan kampanye yang aman, tertib damai dan berintegritas maka Kesbangpol menggelar deklarasi kampanye damai.

"Penting adanya deklarasi dan komitmen yang kuat. Yang mana di dalamnya juga diikuti oleh segenap pihak seperti pemerintah daerah, pimpinan partai politik, pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu serta seluruh stakeholder terkait," tegasnya.

Tujuan dari penyelanggaraan deklarasi ini lanjut Indra yakni menyukseskan Pemilu serentak 2024. Serta mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. "Juga mewujudkan kampanye Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, bebas dari hoaks, politisasi SARA dan politik uang," tegasnya.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ketahanan Nasional, Kesbangpol Sleman, Achmad Raharjo mengatakan kampanye damai mengusung slogan No Knalpot Blombongan, No Miras, No Sajam.

"Kampanye damai ini lebih kepada teknis di lapangan. Jadi kami berharap nanti enggak ada singgungan-singgungan di antar  organisasi sayap yang antar partai itu di lapangan. Jangan sampai ada singgungan," jelasnya.

BACA JUGA: Pj Bupati Kulonprogo Mendorong Pemilu Damai

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa sangat mendukung deklarasi kampanye Pemilu damai.  Menurutnya agenda ini menjadi upaya bersama untuk berkomitmen agar penyelenggaraan kampanye Pemilu 2024 berjalan dengan lancar. Terlebih pelaksana kampanye tinggal beberapa hari lagi.

"Saya harapkan dengan deklarasi ini pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 di Sleman akan berlangsung dengan damai, lancar, aman dan tertib sesuai yang kita harapkan bersama," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement