Advertisement

Polresta Jogja Tangkap Tersangka Penipuan Tiket Coldplay

Alfi Annisa Karin
Kamis, 30 November 2023 - 13:07 WIB
Ujang Hasanudin
Polresta Jogja Tangkap Tersangka Penipuan Tiket Coldplay Jajaran Polresta Jogja saat merilis kasus penipuan tiket konser Coldplay fiktif dengan tersangka Rina Eviana Dewi, Kamis (30/11) - Harian Jogja/ Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Polresta Jogja berhasil mengungkap kasus penipuan tiket Coldplay. Tersangka diketahui seorang perempuan bernama Rina Eviana Dewi alias Ucil, berusia 40 tahun. Sementara korban berjumlah 3 orang yang merupakan teman tersangka.

Kasat Reskrim Polresta Jogja AKP MP Probo Satrio menjelaskan tersangka berdalih punya kenalan dengan pihak EO konser Coldplay. Dari kenalan itu, Ucil mengaku kepada korban bisa mendapatkan tiket Coldplay dengan harga yang lebih murah. Padahal, tersangka tak pernah punya kenalan EO Coldplay bahkan tiket konsernya sekalipun.

Advertisement

Tersangka lantas menawarkan tiket konser kepada korban dengan berbagai jenis dan harga yang juga bervariasi. Mulai dari Rp2,1 juta untuk kategori lima, Rp3,9 juta untuk kategori tiga, dan Rp5,9 juta untuk tiket dengan bangku baris ke-14. Pada Juni 2023, pelaku menjanjikan tiket dapat diterima dalam waktu dekat.

"Tapi, pelaku menyampaikan kursi untuk menonton konser tidak bisa bersebelahan dan untuk jumlah penonton dikurangi oleh pihak keamanan," jelas Probo saat jumpa pers di Mapolresta Jogja, Kamis (30/11).

BACA JUGA: Konser Coldplay Digelar Malam Ini, Puluhan Orang Ketipu Calo Tiket

Merasa ada yang tak beres, korban berniat meminta refund. Namun, saat tersangka diminta untuk mengembalikan uang konser selalu beralasan uang masih di pihak promotor dan belum dia terima. Tak sampai di situ, tersangka Ucil juga menyamar sebagai Siska. Ini merupakan tokoh fiktif yang dianggap sebagai salah satu pekerja EO konser Coldplay. Dilakukan untuk semakin meyakinkan korban.

"Ketika korban menghubungi Sisca, yang mengoperasikan HP tersebut adalah pelaku sendiri dan selalu beralasan bilang bahwa dirinya sedang sakit dan belum bisa mengembalikan refund uang pembayaran tiket," imbuhnya.

Probo menyebut sejauh ini baru ada tiga korban yang melapor. Namun, masing-masing korban membeli dengan jumlah yang berbeda. Lantaran ada juga teman korban yang menitip untuk dibelikan tiket. Total, pesanan tiket yang diterima tersangka sebanyak 8-10 tiket. Sementara, kerugian mencapai Rp50 juta.

"Uang digunakan untuk membayar hutang dan trading crypto," katanya.

Ucil dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan. Diancam dengan hukuman 4 tahun penjara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertolak ke Melbourne, Jokowi hadiri KTT Asean-Australia

News
| Senin, 04 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement