Advertisement

Jelang Libur Nataru, PO Bus di Sleman Akan Didatangi Petugas untuk Cek Uji Kelayakan

Jumali
Minggu, 03 Desember 2023 - 13:37 WIB
Sunartono
Jelang Libur Nataru, PO Bus di Sleman Akan Didatangi Petugas untuk Cek Uji Kelayakan Sejumlah penumpang memasuki bus di Terminal Jombor. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman bersama dengan Dishub DIY, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III DIY akan menggelar ramp check terhadap bus pariwisata jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Pengecekan ini penting untuk memastikan armada bus layak jalan.

"Rencana, Selasa [5/12/2023]. Kami melakukan uji kelayakan armada bus secara jemput bola, yakni dengan mendatangi langsung di masing-masing garasi perusahaan otobus di Sleman," kata Kepala Dishub Sleman Arip Pramana, Minggu (3/12/2023).

Advertisement

Pengecekan yang akan dilakukan, kata Arip, diantaranya meliputi kelengkapan administratif seperti lampiran hasil uji KIR dan SIM milik pengemudi. Fisik bus seperti rem, lampu, speedometer, wiper, dan alat pemukul kaca juga dicek. Karena itu bagian dari safety kalau terjadi sesuatu bisa digunakan.

"Dan, ini dilakukan sesuai instruksi dari Kemenhub untuk menindaklanjuti jelang libur Nataru,” lanjut Arip.

Staf BPTD Kelas III DIY Karsi mengatakan, uji kelayakan armada bus tidak hanya dilakukan di Sleman, tapi juga di Bantul. Untuk Bantul rencana ramp check akan dilakukan pada Rabu (6/12/2023). Adapun tujuan dilakukan ramp check adalah untuk memastikan bus pariwisata di DIY layak dan aman jelang Nataru 2024.

"Ini adalah upaya melindungi warga ketika mereka menggunakan sarana transportasi darat, terutama bus pariwisata. Kami tidak ingin terjadi lagi peristiwa seperti di Bukit Bego [Bantul] beberapa waktu lalu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pendidik di Pacitan Antusias Kolaborasi dengan Museum Song Terus

News
| Jum'at, 26 Juli 2024, 22:40 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement