Advertisement

Komisioner KPU Kulonprogo, Aris Zurkhasanah: Pesta Demokrasi untuk Semua Masyarakat

Media Digital
Rabu, 06 Desember 2023 - 17:02 WIB
Maya Herawati
Komisioner KPU Kulonprogo, Aris Zurkhasanah: Pesta Demokrasi untuk Semua Masyarakat Komisioner KPU Kulonprogo, Aris Zurkhasanah

Advertisement

KULONPROGO—Pesta demokrasi yang akan digelar tahun depan bukanlah pesta eksklusif untuk segelintir orang atau kalangan, namun untuk seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali. Oleh karena itu, KPU memiliki tugas untuk mendekatkan proses kepemiluan kepada masyarakat. Hal inilah yang coba dilakukan oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kulonprogo, Aris Zurkhasanah. "Kami mencoba melakukan terobosan seperti kegiatan yang akan kami lakukan yaitu Angkringan Pemilu," kata Aris saat ditemui di Novotel YIA, Selasa (5/12).

Angkringan Pemilu merupakan program sosialisasi pemilu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dan dilakukan dengan obrolan santai. Sasarannya adalah semua lini masyarakat, utamanya kelompok marginal atau rentan seperti waria dan nelayan.

Advertisement

BACA JUGA: 1 Polisi Korban Letusan Gunung Marapi Masih Belum Ditemukan

Aris yang merupakan mantan Lurah Ngestiharjo, Kapanewon Wates periode 2012-2018 ini mengaku pendekatan kepada masyarakat penting dilakukan. Pasalnya, menurut dia, hingga saat ini masih ada warga yang tidak percaya dengan politik termasuk penyelenggaranya yaitu KPU. Oleh karena itu, dia juga mendorong generasi muda untuk terlibat dalam menentukan nasib bangsa.

Lebih jauh, Aris menegaskan bahwa pemilu bukan untuk memilih yang terbaik tetapi untuk mencegah calon yang terburuk untuk berkuasa.

"Jadi, ketika seseorang memberikan suaranya, pemilih juga dapat melontarkan kritik setelahnya. Kalau memang orang yang kita pilih keluar dari rel, maka kita berkewajiban untuk mengawal, tidak kemudian setelah memilih harus setuju terus dengan sikap tersebut," katanya. (***)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement