Advertisement

Libur Nataru, Bawaslu Sleman Turunkan Tim Patroli ke Destinasi Wisata

Jumali
Kamis, 07 Desember 2023 - 13:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Libur Nataru, Bawaslu Sleman Turunkan Tim Patroli ke Destinasi Wisata Logo Bawaslu (IST)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman akan menerjunkan tim ke destinasi wisata yang ada di Bumi Sembada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan destinasi wisata tidak dijadikan sebagai lokasi kampanye Pemilu 2024.

Advertisement

Ketua Bawaslu Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar mengatakan ada potensi penggunaan destinasi wisata sebagai lokasi kampanye pada libur Nataru 2024, begitu juga dengan pesta pergantian tahun. Oleh karena itu, Bawaslu akan menerjunkan tim ke destinasi wisata untuk melihat kemungkinan digunakannya destinasi wisata sebagai lokasi kampanye.

BACA JUGA: Spanduk Bermuatan Provokatif tentang Ade Armando Dicopot Bawaslu Kota Jogja

"Tentu kami akan melakukan pantauan, apalagi di akhir tahun tempat di mana masyarakat banyak berkumpul. Nah, kami akan patroli, di tempat titik kumpul masyarakat termasuk destinasi wisata apakah dijadikan untuk kampanye," kata Arjuna, Kamis (7/12/2023).

Menurut Arjuna, untuk kegiatan kampanye setiap pelaksanaan harusnya memberitahukan ke kepolisian dan Bawaslu Sleman. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada peserta Pemilu untuk mendaftarkan diri terkait kegiatan kampanye yang dilakukan ke pihaknya dan Kepolisian. "Sehingga kami bisa melakukan pemantauan," lanjut Arjuna.

Hingga kini sendiri, masih kata Arjuna, pihaknya mencatat belum ada peserta Pemilu 2024 yang mendaftarkan diri terkait kegiatan kampanye ke Bawaslu dan Kepolisian. Sejauh ini, Bawaslu Sleman menyatakan ada sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh peserta Pemilu 2024 dalam bentuk kampanye tertutup.

"Misalnya flas mob di beberapa Kapanewon. Khusus pendaftaran kampanye untuk tahun baru belum ada," tandas Arjuna.

BACA JUGA: Ade Armando Dilaporkan ke Polda DIY Terkait Ucapan Politik Dinasti di Jogja

Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Sleman Kus Endarto mengatakan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman tidak menggelar event khusus pada saat libur natal 2023 dan tahun baru 2024. Hanya ada sejumlah event-event reguler yang biasa digelar pada akhir pekan di destinasi seperti Kaliurang, dan Gardu Pandang.

"Kami juga berupaya agar kegiatan pariwisata pada akhir tahun tidak berpotensi melanggar netralitas. Utamanya destinasi pariwisata yang dikelola oleh Pemkab Sleman," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gibran Enggan Beberkan Hasil Pembahasan Kementerian Baru dengan Prabowo di Kartanegara

News
| Sabtu, 24 Februari 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement