Advertisement

Dinas Kesehatan Bantul Temukan 3 Kasus Baru Covid-19, Antisipasi Ditingkatkan pada Libur Nataru

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 12 Desember 2023 - 10:47 WIB
Maya Herawati
Dinas Kesehatan Bantul Temukan 3 Kasus Baru Covid-19, Antisipasi Ditingkatkan pada Libur Nataru Ilustrasi Covid/19. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul masih menemukan kasus Covid-19 pada Desember 2023. Upaya mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) digencarkan.

Berdasarkan catatan Dinkes Kabupaten Bantul hingga saat ini ada 3 kasus positif Covid-19. Jumlah tersebut terdiri dari temuan 1 orang positif Covid-19 pada 6 Desember 2023, dan temuan 2 orang positif Covid-19 pada 7 Desember 2023.

Advertisement

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Dinkes Kabupaten Bantul, Samsu Aryanto menyampaikan seluruh warga yang telah dinyatakan positif Covid-19 mengalami gejala ringan. Saat ini seluruhnya tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 10 hari sejak dinyatakan positif Covid-19.

Selama masa isolasi mandiri, Dinkes Kabupaten Bantul juga mengedukasi keluarga agar tidak kontak langsung dengan pasien Covid-19. Setelah waktu isolasi mandiri rampung, menurut dia, pihak puskesmas akan kembali memeriksa kondisi pasien Covid-19 tersebut.

Dia menyampaikan dengan temuan tersebut, pihaknya terus meningkatkan tracking, tracing dan testing (3T) Covid-19. Menurut dia, upaya tersebut dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

BACA JUGA: Viral KPU Bakal Adakan Debat Istri Capres dan Cawapres, Ini Faktanya

Samsu juga mengimbau masyarakat tetap menggunakan masker saat melakukan perjalanan jarak jauh untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 selama libur Nataru.

 “Masker tetap digalakkan terutama pelaku perjalanan, dan masyarakat yang beraktivitas di ruangan dengan sirkulasi udaranya terbatas silahkan menggunakan masker,” katanya, Selasa (12/12/2023). 

Dia menyampaikan seluruh puskesmas di Kabupaten Bantul akan tetap melayani vaksinasi Covid-19 selama Nataru. Vaksinasi tersebut dapat diakses warga Kabupaten Bantul maupun luar daerah yang berkunjung ke Kabupaten Bantul.

“Kami tidak membatasi jika nanti pas libur Nataru ada yang ingin vaksin, sepanjang itu dapat menunjukkan pernah vaksin [Covid-19]. Kemudian vaksin booster 1, 2 [dilayani selagi] stok [vaksin Covid-19] ada,” katanya.

Hingga saat ini dia memastikan belum ada aduan dari puskesmas yang kehabisan stok vaksin. Dia pun menuturkan apabila terjadi peningkatan permintaan vaksinasi, maka pihaknya akan mengajukan permohonan penambahan vaksin Covid-19 kepada Dinkes DIY.

“Vaksin [selama Nataru] untuk sementara kami masih melayani di puskesmas, karena kami belum tahu stok vaksin yang dikirim ke kami berapa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

Jogjapolitan | 13 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tertembak Saat Kampanye, Begini Kondisi Donald Trump usai Insiden

News
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement