Advertisement

Pemkab Bantul Targetkan 120 Ribu Wisatawan saat Libur Nataru, Sejumlah Objek Wisata Disiapkan

Lugas Subarkah
Jum'at, 15 Desember 2023 - 23:47 WIB
Arief Junianto
Pemkab Bantul Targetkan 120 Ribu Wisatawan saat Libur Nataru, Sejumlah Objek Wisata Disiapkan Wisatawan berkunjung ke Pinus Sari Mangunan, Selasa (3/5/2022). - Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bantul akan menjadi salah satu destinasi yang bakal diburu wisatawan selama liburan Natal dan Tahun Baru (nataru) mendatang. Untuk itu, Pemkab Bantul menargetkan jumlah kunjungan selama liburan Nataru sebanayk 120.000 wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menjelaskan target 120.000 wisatawan ini hitungan dari 20-31 Desember 2023. “Per hari 10.000 sampai 15.000. Mungkin ada hari-hari tertentu yang lebih dari 15.000,” ujarnya, Jumat (15/12/2023).

Advertisement

Dari jumlah tersebut, menurutnya perkiraan kunjungan terbanyak masih di wilayah pantai, kemudian wisata alam seperti Mangunan dan desa wisata. “Yang banyak tetap pantai, tapi juga tersebar di Mangunan, desa wisata juga masih ramai,” katanya.

Ia berharap wisatawan juga bisa mengunjungi destinasi wisata yang bersifat budaya dan sejarah. Hal ini sesuai dengan branding yang akan dibangun Bantul, yakni The Origin of Mataram. “Nanti nuansa beberapa desa wissata kita akan dikembangkan menampilkan atraksi budaya,” ungkapnya.

Beberapa desa wisata ini seperti Srimulyo, Piyungan; Jagalan, Banguntapan; Pleret dan sebagainya. di desa wisata tersebut terdapat bermacam situs peninggalan yang merupakan cikal bakal terbentuknya Kerajaan Mataram.

Di samping itu wisata alam seperti Puncak Sosok dan Goa Jepang dapat meningkatkan kunjungan. “Goa Jepang pemandangan cukup bagus sore bagus. Mangunan juga banyak pertunjukan. Promosi lewat digencarkan lewat sosmed dan media,” paparnya.

BACA JUGA: Polres Bantul Imbau Wisatawan Tidak Mandi di Laut

Ia mengimbau wisatawan maupun pengelola destinasi wisata agar mengantisipasi keamanan dan kesehatan. Mengingat saat ini musim hujan, maka perlu dimitigasi potensi bencana yang bisa terjadi, seperti banjir longsor dan angin kencang.

Di samping itu, saat ini Covid-19 juga mulai kembali merebak, maka diimbau untuk kembali menerapkan protokol kesehatan. “Perkuat prokes, artinya cuci tangan dan gunakan masker di tempat umum khususnya pasien komorbid,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepada Presiden Terpilih Prabowo, Luhut Berpesan Jangan Bawa Orang Toxic ke Kabinet

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement