Advertisement

Pemkot Jogja Gandeng Polri Amankan Kondisi Selama Libur Nataru

Alfi Annisa Karin
Kamis, 21 Desember 2023 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Pemkot Jogja Gandeng Polri Amankan Kondisi Selama Libur Nataru Gelaran Apel Operasi Lilin dalam rangka pengamanan kondisi selama libur nataru di Kota Jogja, Kamis (21/12) - Harianjogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Menyambut libur Natal dan Tahun Baru, Pemkot Jogja turut menggandeng pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan. Kapolresta Jogja Kombes Pol Saiful Anwar menyebut pihaknya menyiapkan sebanyak 220 personel yang tergabung dalam Operasi Lilin 2023. Jumlah itu belum termasuk dengan personel yang kini tengah melaksanakan Operasi Mantap Brata karena pelaksanaannya yang bersamaan.

"Total ada 1.000 (personel) lebih yang disiapkan," ujar Saiful ditemui di Balai Kota Jogja, Kamis (21/12/2023).

Advertisement

Selain menyiapkan personel, pihaknya juga menyiagakan satu posko terpadu dan tiga pos pemantauan. Lokasinya ada di Tugu, Teteg Malioboro, Titik Nol Kilometer, dan Alun-Alun Kidul. Ada juga 15 pos pantau yang tersebar di titik keramaian seperti di pusat perbelanjaan dan objek wisata. Saiful mengimbau, para personel untuk senantiasa semangat dalam bertugas. Ini lantaran tugas akan semakin berat karena libur Nataru bersamaan dengan masa kampanye pemilu.

"Kepada masyarakat Jogja saya mengimbau mari kita menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan yang akan berlibur di Jogja, maupun bagi warga Jogja di luar kota yang akan pulang ke Jogja dalam rangka merayakan liburan Nataru," katanya.

BACA JUGA: Viral Penumpang Bus Rosalia Indah Kehilangan Ipad, Isi Tas Diganti Buku Info Yellow Page

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Rahajo menyebut ia akan berkolaborasi dengan Polri untuk pelayanan pada pos pengamanan maupun pemantauan. Sejumlah layanan juga disiapkan. Misalnya, layanan kesehatan PSC 119 YES. Ini merupakan fasilitas kegawatdaruratan yang bisa diakses wisatawan secara gratis. Lalu, ada juga layanan Tourist Information Service Mobile.

"Kalau dulu berada di satu titik, tetapi ini bisa jalan-jalan membantu wisatawan yang butuh informasi," kata Singgih.

Pemkot Jogja dipastikan siap menerima wisatawan selama libur nataru. Meski baginya ini dilakukan rutin setiap tahunnya, tapi persiapan tetap harus dilakukan. Apalagi, Singgih menyebut berdasarkan survei Kementerian Perhubungan setidaknya akan ada 9,6 juta pergerakan masyarakat di DIY.

"Yang harus kami siapkan kantong-kantong parkir, rekayasa lalu lintas, informasi yang berkaitan dengan destinasi wisata. Ini harus kami informasikan sedini mungkin, jadi wisatawan yang akan menuju ke Jogja juga bersiap," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement