Advertisement

Lonjakan Kasus Covid-19, Dinkes Bantul Wajibkan Rumah Sakit Sisakan Kapasistas 10 Persen

Newswire
Kamis, 21 Desember 2023 - 18:57 WIB
Maya Herawati
Lonjakan Kasus Covid-19, Dinkes Bantul Wajibkan Rumah Sakit Sisakan Kapasistas 10 Persen Ilustrasi Covid/19. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Kesehatan Bantul mewajibkan seluruh rumah sakit (RS) untuk menyisakan kapasistas tempat tidur sebanyak 10%.

Tempat tidur itu untuk digunakan sebagai ruang perawatan dan isolasi pasien terpapar virus Corona atau Covid-19.

Advertisement

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Agus Tri Widyantara mengatakan sudah berkoordinasi dengan rumah sakit, puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya untuk selalu mengikuti perkembangan Covid-19, dan melakukan langkah langkah antisipasi yang ada di masing-masing wilayah.

Dia mengatakan, agar nantinya kasus Covid-19 tidak meluas, apalagi dengan banyaknya wisatawan pada libur Natal dan Tahun Baru, akan banyak tempat tempat berkerumun, semua fasyankes khususnya rumah sakit untuk menyiapkan fasilitas sebagai ruang isolasi.

"Dan dari semua rumah sakit di Kabupaten Bantul ada kewajiban bisa menyediakan 10 persen dari jumlah tempat tidurnya untuk ruangan isolasi, guna mengantisipasi apabila terjadi peningkatan Covid-19 sampai dengan liburan tahun baru," katanya.

Dia mengatakan, langkah antisipasi ini sudah dilakukan beberapa rumah sakit, dan telah mempersiapkan diri ruang ruang isolasi untuk didedikasikan dalam penanganan Covid-19 apabila ada peningkatan kasus di Kabupaten Bantul.

BACA JUGA: Kasus Pengaturan Skor, PSS Sleman Terancam Degradasi

"Walaupun kita tidak berharap ada kenaikan kasus, tapi berharap fasyankes tetap ada rumah sakit yang siaga memberikan pelayanan. Dan juga kita melakukan langkah langkah antisipasi pencegahan dengan memaksimalkan vaksinasi Covid-19," katanya.

Dia mengatakan, sudah ada beberapa puskesmas dan rumah sakit yang tetap menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, khususnya nanti selama libur Natal dan Tahun Baru, salah satunya adalah Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) Hardjolukito Yogyakarta.

"Kemudian ada enam puskesmas yang sudah terjadwal bisa memberikan layanan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat agar bisa mencegah dari tertularnya Covid-19," katanya.

Agus mengatakan, untuk pasien Covid-19 di Bantul yang masih menjalani isolasi per hari Rabu (20/12/2023) tercatat berjumlah 13 orang dengan status isolasi, baik isolasi mandiri di rumah atau beberapa orang menjalani perawatan di rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

Jogjapolitan | 13 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tertembak Saat Kampanye, Begini Kondisi Donald Trump usai Insiden

News
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement