Advertisement

LPS Ajak Ribuan Emak-Emak Senam Sekaligus Edukasi Soal Literasi Keuangan

Media Digital
Minggu, 24 Desember 2023 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
LPS Ajak Ribuan Emak-Emak Senam Sekaligus Edukasi Soal Literasi Keuangan Kegiatan senam massal yang diikuti ribuan emak-emak di Laguna View Depok, Sabtu (23/12/2023) - Harianjogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar senam massal yang diikuti oleh ribuan emak-emak di Laguna View Depok, Sabtu (23/12/2023). Tak hanya sekedar senam massal, kegiatan ini dilakukan juga sekaligus dalam rangka memberi edukasi kepada masyarakat tentang literasi keuangan.

Humas LPS Haydin Haritzon menuturkan bukan tanpa alasan pihaknya menyasar pada kalangan ibu-ibu. Haris, sapaannya, menyebut ini masih menjadi rangkaian peringatan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember lalu. Selain itu, baginya kaum ibu punya peran penting dalam literasi keuangan kepada masyarakat. Lantaran ibu biasanya adalah pembuat keputusan finansial dalam keluarga.

Advertisement

BACA JUGA: Konser di Jakarta, Twice Sapa ONCE dengan Bahasa Indonesia Formal hingga Gaul

"Ibu juga punya porsi lebih daripada bapak-bapak dalam mendidik anak. Kita harapkan sosialisasi ini sampai ke keluarga minimal dan juga bisa sampai ke masyarakat sekitarnya," ujar Haris saat ditemui di Laguna View Depok, Sabtu (23/12/2023).

Dia menambahkan, sejauh ini tingkat inklusi keuangan di kota-kota besar termasuk DIY sudah tinggi. Namun, angka literasi keuangan masih rendah, yakni di bawah 50 persen. Haris mengatakan masih ada masyarakat yang ragu untuk meyimpan uang di bank.

Masyarakat cenderung akan menyimpan uang secara konvensional misalnya di dalam celengan atau di bawah kasur. Baginya, ini sangat berisiko menjadikan uang rusak lantaran dimakan rayap. Belum lagi kemungkinan buruk lainnya, seperti maling hingga kebakaran.

Padahal, Haris memastikan jika bank bangkrut, uang simpanan akan dijamin LPS hingga Rp 2 milyar. Setidaknya ada tiga syarat yang harus dipenuhi. Pertama, tercatat pada pembukuan bank dan tingkat bunga simpanan yang diterima oleh nasabah tidak melebihi tingkat bunga penjaminan. Sehingga masyarakay tak boleh mudah tergiur debgan bunga tinggi yang ditawarkan bank.

"Lalu syarat yang ketiga adalah tidak melakukan tindakan pidana yang merugikan bank," imbuhnya.

Ketua TP PKK Bantul Emi Masruroh menyambut baik gelaran ini. Senam massal ini baginya akan mengajak para ibu-ibu membiasakan hidup sehat dengan berolahraga. Selain itu, melalui kegiatan ini juga turut mengingatkan kembali peran penting seorang ibu dalam hal literasi keuangan. Utamanya di dalam keluarga. Selain itu, ibu juga diharapkan bisa paham soal lembaga jasa keuangan yang man untuk dipilih.

"Sehingga tidak tertipu oleh rayuan-rayuan yang menarik tapi ternyata sebenarnya tidak menarik. Dari sini maka kita akan mendapatkan informasi. Bahwa kita sebagai ibu wajib menjaga stabilitas keluarga dari sisi apapun," ungkapnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aturan Barang dari Luar Negeri Tak Lagi Dibatasi, Mendag Zulhas Minta Jastiper Taati Hukum

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement