Advertisement

Manfaatkan Libur Sekolah, BMH Yogyakarta Adakan Khitan Berkah Nusantara

Media Digital
Rabu, 27 Desember 2023 - 10:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Manfaatkan Libur Sekolah, BMH Yogyakarta Adakan Khitan Berkah Nusantara Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Yogyakarta adakan khitan (sunat) masal untuk anak yatim dan dhuafa, pada Senin (25/12 - 2023). Ist

Advertisement

JOGJA—Untuk memanfaatkan momentum libur sekolah, Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Yogyakarta adakan khitan (sunat) masal untuk anak yatim dan dhuafa, pada Senin (25/12/2023).

Khitan adalah salah satu bagian dari syariat agama dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki. Dari pandangan agama, fungsi dari khitan adalah mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syariat sahnya ibadah. Secara medis, khitan mempunyai faedah yang sangat penting, yakni untuk membuang bagian anggota tubuh yang menjadi persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan.

Advertisement

BACA JUGA: Hari Ini, Ketua Nonaktif KPK Firli Bahuri Kembali Diperiksa Penyidik

Kegiatan tersebut dilaksanakan di kompleks Pesantren Hidayatullah yang beralamat di Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Syai’in Kodir, selaku ketua pantitia khitan berkah nusantara mengatakan, setiap anak mendapat paket berupa sarung, kaos, peci, makan siang, snack, uang saku serta sertifikat.

“Sunatan atau khitan itu sehat dan menjadi program rutin kami. Program ini gratis atau tidak dipungut biaya, kami juga sediakan bingkisan untuk para peserta. Sebelum proses khitan dimulai, untuk menghibur anak-anak, kami adakan dongeng yang dibawakan oleh Kak Rubiyar,” kata dia.

"Dalam program ini kami bekerja sama dengan tim medis profesional dari RS Nur Hidayah Bantul yang sudah berpengalaman puluhan tahun. Alhamdulillah acara bisa terlaksana dengan lancar dan sukses,” imbuhnya.

Dalam program khitan berkah nusantara yang di jalankan oleh BMH tersebut, masyarakat sangat antusias untuk mengikuti menyunatkan anaknya. Menurutnya, ada banyak pedaftar yang terpaksa tidak bisa mengikutinya karena dibatasiuntuk 50 peserta.

Sementara itu, Makruf Arifin orang tua dari peserta khitan yang bernama Furqon Asy’ari (11) mengatakan, dirinya merasa terbantu dengan adanya program yang dijalankan oleh BMH.

"Alhamdulillah kami bersyukur dan terima kasih kepada BMH Yogyakarta yang telah membantu kami dalam mengkhitan anak saya. Semoga program seperti ini terus dijalankan oleh BMH sehingga banyak masyarakat yang terbantu. Kami doakan semoga BMH semakin sukses dan bermanfaat,” ungkap Makruf. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement